PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS STEAM (SCIENE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

T Frisca, Ninda Safilda (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBASIS STEAM (SCIENE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami gagasan atau konsep matematika, bukan hanya sekedar menghafal konsep yang telah dipelajari, tetapi bisa menjelaskan kembali dalam cara yang berbeda sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami pada setiap penyelesaian matematika. Gaya belajar ialah suatu cara yang dilakukan oleh peserta didik untuk memahami informasi atau stimulus, berpikir, cara mengingat dan memecahkan soal. Berdasarkan hasil nilai ulangan harian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP Negeri 24 Krui masih rendah, terlihat dalam proses peserta didik menyelesaikan masalah, faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah banyaknya siswa kurang kesadaran dalam hal memperhatikan dan memahami pelajaran atau bisa dikatakan malas belajar serta metode pembelajaran yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan model pembelajaran scramble berbasis STEAM dan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Krui, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu anova dua jalan. Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran scramble berbasis STEAM (Science, Technology, Egineering, Art, Mathematics) dan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) Terdapat perbedaan gaya belajar kategori auditorial, visual, dan kinestetik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci: Scramble Berbasis Steam, Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:00
Last Modified: 09 Nov 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16301

Actions (login required)

View Item View Item