NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI IBRAHIM AS. DI DALAM AL-QUR’AN

Ramadani, Riski (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI IBRAHIM AS. DI DALAM AL-QUR’AN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Ramadani.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia yang mempunyai kualitas karakter yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut, maka disini pendidikan memiliki peran yang sangat penting, baik pendidikan nasional maupun pendidikan islam. Pendidikan karakter dalam pendidikan Islam bisa dikatakan sebagai pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Islam yang bersumber pada ajaran Islam yang universal (al-Qur’an dan Hadist). Di dalam Islam sendiri ada banyak sekali contoh yang dapat diteladani, salah satunya adalah Nabi Ibrahim, yang merupakan bapak para nabi. Allah telah mengutusnya untuk memperbaiki pendidikan karakter pada umat manusia. Beliau merupakan contoh teladan yang baik untuk ummatnya. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data dengan cara kepustakaan dilakukan dalam penelitian ini, karena jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Kemudian data-data tersebut diuraikan dan di analisis. Di dalam Al-Qur’an ada 4 contoh kisah Nabi Ibrahim AS yang bisa dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya (1) Mencari Tuhan yang Sebenarnya (krisis teologi), (2) peringatan kepada kaumnya (kritik sosial), (3) berita kelahiran ishak (sabar dalam penantian) (4) Penyembelihan Ismail (totalitas pengabdian atau penghambaan). Nilai-nilai yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah religius, jujur, kerja keras, kreatif, komunikatif, peduli, dan tanggung jawab. Selain itu banyak keteladana yang bisa kita pelajari dari kisah ini. Proses penanaman nilai-nilai tersebut dapat dilakukan di keluarga, dan masyarakat, penanamannya dalam pendidikaan islam dapat dilakukan dengan peneladanan, pembiasaan, penegakan aturan, dan pemotivasian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:00
Last Modified: 19 Oct 2017 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item