LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Harita, Yusi (2017) LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional siswa, sehingga diperlukan peningkatan kualitas kecerdasan emosional diantaranya terdapat siswa yang tidak bisa mengontol emosinya, mudah marah, bersikap agresif, saling mengejek, kurangnya motivasi dalam diri, rendahnya membina hubungan, dan kurangnya rasa empati. Permaslahan penelitian ini adalah “apakah kecerdasan emosional siswa kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok teknik psikodrama?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung melalui layanan konseling kelompok teknik psikodrama. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental) menggunakan desain non-equivalent control group design. Subyek penelitian sebanyak 25 orang siswa kelas VII. Diantarannya 12 orang siswa kelas eksperimen, dan 13 orang siswa kelas control. Kelas eksperimen mendapat perlakuan konseling kelompok teknik psikodrama, sedangkan kelas control hanya menggunakan teknik diskusi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecerdasan emosional, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji lilifors untuk normalitas, uji fisher untuk homogenitas dan uji t-test 2 sample berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 92.2 dan kelas control 86. Uji t-test 2 sample berkorelasi , pada taraf signifikasi α= 0.05 diperoleh = 10.277 dan ttabel= 0.05= 2.074 pada kelas eksperimen, sedangkan = 5.415 dan ttabel= 0.05=2.064 pada kelas control, karena thitung> ttabel, maka dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, dari nilai rata-rata nilai akhir menunjukan bahwa konseling kelompok teknik psikodrama lebih baik dibandingkan dengan konseling kelompok teknik diskusi. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Konseling Kelompok dan Psikodrama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Feb 2017 02:07
Last Modified: 28 Feb 2017 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item