PEMODELAN KECELAKAAN LALU LINTAS di KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE AUTOREGRESIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA)

APRILIA, SUSANTI (2021) PEMODELAN KECELAKAAN LALU LINTAS di KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE AUTOREGRESIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi aprilia susantiii.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecelakaan merupakan suatu peristiwa dijalan yang tidak teduga dengan melibatkan kendaraan dan mengakibatkan korban jiwa maupun kerugian material, kecelakaan juga disebut sebagai kejadian yang multi-faktor atau memiliki lebih dari satu penyebab yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model terbaik time series dengan menggunakan metode ARIMA dan melakukan prediksi jumlah kecelakaan lalu lintas dikota Bandar lampung dimasa mendatang. Penelitian ini, menggunakan data sekunder yang didapatkan dari Satlantas Polresta Bandar Lampung yaitu jumlah bulanan kecelakaan dari tahun 2015-2021, penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif. Untuk memprediksi jumlah kecelakaan 7 bulan mendatang menggunakan model ARIMA yaitu peramalan yang didasarkan pada data kecelakaan di masa lampau, dengan bantuan aplikasi R-Gui untuk medapatkan model terbaik. Sehingga dalam penelitian ini diperoleh hasil akhir yaitu ARIMA(2,1,0) sebagai model terbaik untuk peramalan jumlah kecelakaan serta hasil peramalan menunjukan bahwa jumlah kecelakaan cenderung mendatar pada setiap bulannya. Kata kunci: kecelakaan lalu lintas; peramalan; ARIMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:10
Last Modified: 09 Nov 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16298

Actions (login required)

View Item View Item