AKULTURASI ADAT PERKAWINAN MINANG KE DALAM HUKUM PERKAWINAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN HUKUM KELUARGA ISLAM DI INDONESIA (Kajian Yuridis, Filosofis, dan Sosiologis)

NENAN, JULIR (2021) AKULTURASI ADAT PERKAWINAN MINANG KE DALAM HUKUM PERKAWINAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN HUKUM KELUARGA ISLAM DI INDONESIA (Kajian Yuridis, Filosofis, dan Sosiologis). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of AKULTURASI ADAT PERKAWINAN.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

Islam tidak hanya mengatur perkawinan sebatas pada pelaksanaan saja, akan tetapi juga mengatur samapai kepada konsekuensinya. Konsekuensi hukum tersebut merupakan hak Prerogatif Allah SWT yang bersifat otomatis. Manusia tidak bisa menginterpensi tetapi hanya bisa menerima sebagai konsekuensi dari keimanan kepada Allah SWT dan rasulNya. Konsekuensi hukum perkawinan Islam yang otomatis itu, adalah bila dua insan menikah, maka otomatis suami jadi pemimpin rumah tangga; otomatis suami betangunjawab terhadap nafkah keluarga, anak otomatis bergaris keturunan kepada ayah; otomatis ayah menjadi wali nikah; dan bila ada yang meninggal otomatis saling mewarisi. Di sisi lain dalam hal yang sama adat Minang memiliki aturan yang berbeda, pemimpin rumah tangga dan nafkah keluarga menjadi tanggungjawab Mamak; anak bergaris keturunan kepada ibu; wali nikah tetap ayah; dan perkawinan tidak menjadikan suami, istri, dan anak saling mewarisi. Dari sini kedua ketentuan di atas tampak berbeda, akan tetapi keduanya di tengah masyarakat. Pertanyaannya exis tetap bagaimana Akulturasi Adat Perkawinan Minang Ke Dalam Hukum Islam Perkawinan dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam di Indonesia (Kajian Yuridis, Filosofis, dan Sosiologis). 1) Permasalahan dalam dapat dirumuskan peneitian ini bagaimana proses akulturasi adat perkawinan Minang ke dalam hukum perkawinan Islam? 2) bagaimana implikasi perbedaaan perkawinan adat Minang terhadap hukum perkawinan Islam? 3) bagaimana relevansi akulturasi adat perkawinan Minang ke dalam hukum perkawinan Islam dalam pengembangan hukum keluarga Islam di Indonesia? Akulturasi Adat Perkawinan Minang Ke Dalam Hukum Perkawinan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam Di Indonesia viiPenelitian ini merupakan penelitian pustakan (library research) bersifat deskriptis analitik dengan pendekatan Yuridis, yang Filosofis, dan Sosiologis, mengunakan teori ‘urf, mashahah, dan akulturasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses akulturasi adat perkawinan Minang ke dalam hukum perkawinan Islam menempuh beberapa cara 1) terhadap persoalan belum ada dalam aturan adat, lalu datang Islam membawa aturannya, maka aturan Islam diterima langsung secara kaffah; 2) terhadap persoalan yang sudah diatur dalam adat, kemudian datang Islam membawa ketentuan yang berbeda, baik persoalan dan objeknya sama, maupun berbeda, maka masing masing dibiarkan tetap berada pada porsinya dengan melakukan tambal sulam. Implikasi perbedaaan perkawinan adat Minang terhadap hukum perkawinan Islam, perbedaan tidaklah menunjukan kepada pertentangan, sehingga dikatakan ‘urf fasid yang merusak keislaman seseorang. Keduanya harus dipahami sesuai porsinya masing-msing. Relevansi akulturasi Perkawinan Adat Minang ke Dalam Hukum Perkawinan Islam Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam di Indonesia, secara ada relevansinya, tidak langsung memang melihat namun kemashlahatan yang dikandungnya, maka ada beberapa yang bisa direkomendasikan untuk pengembangan hukum keluarga Islam Indonesia: 1). adat Minang tetap exis sampai sekarang, salah satu penyebabnya adalah karena keberpihakannya kepada kemashlahatan perempuan dan anak. Hukum keluarga Indonesia sekarang, sudah ada yang berpihak kepada perempuan dan anak tetapi porsinya masih kecil. Kedepannya agar diperluas lagi ke berbagai lini. 2). Dalam adat Minang untuk menjaga ketahanan keluarga, mendapatkan pem -back up-an dari keluarga besar. Pemerintah harus mencari formula hukum peng-back upa-an dari keluarga besar untuk meningakatkan ketahanan keluarga. Akulturasi Adat Perkawinan Minang Ke Dalam Hukum Perkawinan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam Di Indonesia viiiIslam does not necessarily only regulate the implementation of marriage, but also its consequences. The legal consequences are Allah SWT’s prerogative rights. Men are unable to intervene unless to accept as a consequence of faith in Allah SWT and His messenger. The consequence of automatic Islamic marriage law is that when two people marry, the husband automatically becomes the head of the household; the husband is automatically responsible for the family's livelihood, the child automatically inherits from the father; the father automatically becomeswali (Islamic Marriage Guardian); and if someone dies, theywill automatically inherit each other. On the other hand, in the same case, Minang customs have different rules, the head of the household and the maintenance of the family are the responsibility of the Mamak; children are descended from the mother; the guardian of the marriage remains the father; and marriage does not make husband, wife, and children inherit from each other. Therefore the two provisions above seem different, but still exist in the community. The question is how to acculturate Minang marriage customs into Islamic law marriages so that both can still exist recently. The research objectives are to find 1) how is the process of acculturating Minang marriage customs into Islamic marriage law? 2) what are the implications of the different Minang customary marriages on Islamic marriage law? 3) how is the relevance of acculturation of Minang marriage customs into Islamic marriage law in the development of Islamic family law in Indonesia? This is library research that is descriptive analytic with the theory approach of 'urf, acculturation, and mashahah. Akulturasi Adat Perkawinan Minang Ke Dalam Hukum Perkawinan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam Di Indonesia ixThe results showed that the process of acculturating Minang marriage customs into Islamic marriage law took several ways: 1) to the problem that was not yet regulated in the customary (adat) regulations, Islam brought its rules, then those rules were accepted entirely(kaffah); 2) on issues that have been regulated in adat, Islam later came with different provisions, both the mutual and different issues and objects, so each is left to remain in its share by doing patchwork. The implications of differences in Minang customary marriages on Islamic marriage law do not indicate conflict. However 'urf fasid destroys one's faith in Islam. Both issues must be comprehended according to the respective portions. The relevance of acculturation of Minang Customary Marriage into Islamic Marriage Law to the Development of Islamic Family Law in Indonesia is not necessarily relevant, but from its prospective benefits, there are several things that can be recommended for the development of Indonesian Islamic family law: 1). One of the reasons of Minang customs still survives until now is because of its alignment with the benefit of women and children. Indonesian family law still exists in favor of women and children, in small portions. It should be expanded to various aspects. 2). In Minang custom, the way to maintain family resilience is to get backups from a big family. The government must find a legal formula for backing up families to increase its resilience. Akulturasi Adat Perkawinan Minang Ke Dalam Hukum Perkawinan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam Di Indonesia xصخلملا بقاوعلا .وبقاوعل اقًفو اضً يأ ومظن لب ، بسحف اقيبطت جاوزلا ملاسلإا مظن ام اولخدتي نأ رشبلل نكمي لا .يئاقلت رمأ يىو ىلاعتو وناحبس للها ةطلس نم يى ةينوناقلا ونأ وى يئاقلتلا يملاسلإا جاوزلا نوناقو .ولوسرو ىلاعتو وناحبس للهاب اناميإ نولبقي مهنكلو ثريو ، مهتقفن نع ًلاوؤسم ؛وترسأ يف اماوقو ايعار جوزلا حبصي ، ناصخش جوزتي امدنع ثري صخش تام اذإو ؛ جاوزلا ىلع ايصو بلأا حبصي ؛ بلأا ىلإ بسنلا لفطلا لاخلا ، ةفلتخم دعاوق اهل جنانيم ، ةلاحلا سفن يف ، ىرخأ ةيحان نمو .ضعبلا مهضعب جوزلا لعجي لا جاوزلاو ؛ بلأا وى جاوزلا يلو ىقبيو ،ةرسلأا ةقفن نع لوؤسملا وى نكل ، نيفلتخم هلاعأ نامكحلا ودبي انى نم .ضعبلا مهضعب نوثري ءانبلأاو ةجوزلاو جنانيم جاوز تاداع جمد نكمي فيكوى لاؤسلاو .عمتجملا يف ادًوجوم لازي لا امىلاك ؟نلآا ىتح امىلاك دجاوتي نأ نكمي ثيحب ةيملاسلإا ةعيرشلا تاجيز يف جاوز تاداع ليوحت متي فيك )1( ثحبلا اذى يف لكاشملا ةغايص نكمي يف ةفلتخملا ةيفرعلا تاجيزلا تاساكعنا يى ام )2( ؟يملاسلإا جاوزلا نوناق ىلإ جنانيم نوناق يف جنانيم جاوز تاداعل فقاثتلا ةيمىأ ام )3( ؟يملاسلإا جاوزلا نوناق ىلع غنانيم ؟ايسينودنإ يف يملاسلإا ةرسلأا ن وناق ريوطت يف يملاسلإا جاوزلا Akulturasi Adat Perkawinan Minang Ke Dalam Hukum Perkawinan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Hukum Keluarga Islam Di Indonesia xi فقاثتلاو فرعلا ةيرظن ةبراقمب يليلحت يفصو يبتكم ثحب ثحبلا اذى .هاشملاو تذختا يملاسلإا جاوزلا نوناق يف جنانيم جاوز تاداع جمد ةيلمع نأ جئاتنلا ترهظأو ، هدعاوقب ملاسلإا ءاج مث ، ةيفرعلا دعاوقلا يف ةدوجوم ةلأسملا نكت مل )1( :قرط ةدع اهميظنت مت يتلا اياضقلاب قلعتي اميف )2( ؛ حافكلا ةرشابم ةيملاسلإا دعاوقلا لوبق مت مث ةهباشتم ءايشلأاو تاعوضوملا نم لك ، ةفلتخم صوصنب يتأي ملاسلإا نإف ، تاداعلا يف ىلع ةبترتملا راثلآا .عيقرتلا قيرط نع اهبيصن يف ةدحاو لك كرتُت كلذل ، ةفلتخم وأ ، لا تافلاتخلااو ، يملاسلإا جاوزلا نوناق ىلع غنانيم يف يفرعلا جاوزلا يف تافلاتخلاا مهف بجي .ملاسلإا كلهي يذلا دسافلا فرعلا لاقي كلذل ، ضراعت دوجو ىلإ ريشت غنانيم نم يفرعلا جاوزلا نيب فقاثتلا ةقلاع .امهنم لك ءازجلأ اقًفو امىلاك نوناق يف ، ةرشابم ةلص تاذ تسيل ايسينودنإ يف يملاسلإا ةرسلأا نوناق ريوطتل يملاسلإا جاوزلا اهب ةيصوتلا نكمي يتلا ءايشلأا نم ديدعلا كانى ، اهنمضتي يتلا دئاوفلا ىلإ رظنلاب نكلو نلآا ىتح ةدوجوم جنانيم تاداع لازت لا .)1 :يسينودنلإا يملاسلإا ةرسلأا نوناق ريوطتل ، نلآا يسينودنلإا ةرسلأا نوناق.ءانبلأاو ءاسنلا ةحلصم عم اهقفاوت وى بابسلأا دحأ ، يف .ةريغص لازت لا ةصحلا نكلو ءانبلأاو ءاسنلانوديؤي نيذلا كئلوأ لعفلاب كانىو ةنورم ىلع ظافحلل غنانيم تاداع يف .)2 .ةفلتخم طوطخلهعيسوت متيس ، لبقتسملا نم ةينوناقلا ةغيصلاةموكحلا دجت نأ بجي ةلئاعلانم معدلا ىلع لوصحللو ، ةرسلأا دومصلا ىلع ةرسلأا ةردق ةدايزل ةريبك ةلئاع

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:37
Last Modified: 08 Nov 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16296

Actions (login required)

View Item View Item