PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KETEKUNAN BELAJAR SISWA

Gusnur, Mahfut (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KETEKUNAN BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Centered Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari ketekunan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah MAN 1 Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anova dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, (2) Terdapat pengaruh ketekunan belajar siswa terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan (3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Centered Learning ditinjau dari ketekunan belajar siswa terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kata Kunci: CPS, PCL, Berpikir Tingkat Tinggi, dan Ketekunan Belajar iiABSTRACT Higher order thinking skills in mathematics learning is an ability that is needed to be mastered by students as a support in solving mathematical problems. The purpose of this study was to determine the differences in student learning outcomes using the Creative Problem Solving and Problem Centered Learning learning models on higher-order thinking skills in terms of student learning persistence. This research uses quantitative research, namely Quasy Experimental Design. The population in this study was MAN 1 East Lampung. The sampling technique used in this research is Cluster Random Sampling. The data analysis technique used is the two-way ANOVA test with unequal cells with a significance level of 0.05 and it is found that (1) There is an effect Creative Problem Solving and Problem Centered Learning learning models on higher-level thinking skills. is high, (2 There is an effect of student learning persistence on higher-order thinking skills, and (3) There is no interaction between Creative Problem Solving and Problem Centered Learning learning models in terms of student learning persistence towards higher order thinking skills. Keywords: CPS, PCL, Higher Order Thinking, and Persistence in Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2021 04:18
Last Modified: 05 Nov 2021 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16287

Actions (login required)

View Item View Item