STRATEGI PENGKADERAN RUMAH DA’I DALAM MENCIPTAKAN DAI BERKUALITAS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

AGUNG, PRIO LAKSONO (2021) STRATEGI PENGKADERAN RUMAH DA’I DALAM MENCIPTAKAN DAI BERKUALITAS DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Da’i adalah ujung tombak dari keberhasilan dakwah, keberadaan seorang da’i sangat penting. Da’i merupakan salah satu unsur-unsur dakwah, melakukan dakwah sama dengan mengajak dan menyeru manusia pada keridhaan Allah SWT agar senantiasa melakukan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Maka dalam menyeru manusia pada jalan yang benar diperlukan seorang dai yang berkualitas dalam menyampaikan dakwah Islam agar pesan-pesan kebaikan Islam dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Perubahan kehidupan masyarakat yang kini menjadi lebih moderen mengharuskan pengemban dakwah memiliki ketrampilan dalam menguasai mad’u atau target-target dakwah. Dalam hal ini UKM-F Rumah Da’i berupaya menciptakan da’i yang berkualitas dalam kegiatan pengkaderannya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researceh) dengan sifat penelitian deskriptif. Jumlah populasi 150 anggota, kemudian penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik “purposive sampling” berdasarkan kriteria yang penulis berikan. Sampel yang didapat adalah 4 orang pengurus di UKM-F Rumah Da’i yang terdiri dari 1 orang ketua umum, 1 orang wakil ketua umum , 1 orang ketua bidang kaderisasi dan 1 orang sekertaris umum. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pengkaderan diawali dengan melakukan kegiatan rekrutmen yaitu dengan cara mensosialisaikan adanya UKM-F Rumah Da’i dengan cara membagian pamflet kepada mahasiswa baru, atau menguploadnya ke sosial media, ataupun membuka stand pendaftaran. Lalu setelah lolos di tahab seleksi para mahasiswa baru akan ndibagi berdasarkan keahliannya dalam berdakwah, ada yang menjadi da’i, kaligrafi, syahril, qori, dan lainnya.mengikuti program P3 (pendidikan awan, pendidikan menengah, dan pendidikan akhir) setelah itu para kader baru akan mendapatkan pelatihan-pelatihan seperti latihan rutin, pelatihan pembuatan makalah dan proposal, kurikulum Rumah Da’i, Tausiyah pekanan, diskusi rutin isu-isu , bedah kurikulum dakwah, pelatihan khatib dan imam dan safari dakwah, yang akan diberikan iii oleh tuor ataupun mentor mereka. Setelah melewati proses tersebut para kader akan diterjunkan kemasyarakat untuk berdakwah secara langsung dan juga mengikuti ajang perlombaan dakwah. Kata kunci : Strategi, kaderisasi, dai berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 05:40
Last Modified: 04 Nov 2021 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16276

Actions (login required)

View Item View Item