KONSEP KAFA’AH DALAM PERKAWINAN MENURUT TOKOH NU (Studi di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara)

Ahmad, Zailani (2021) KONSEP KAFA’AH DALAM PERKAWINAN MENURUT TOKOH NU (Studi di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ahmad zailani cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kafa‟ah berasal dari dari bahasa Arab dari kata كفى , berarti sama atau setara. Istilah fikih, kafa‟ah disebut dengan sejodoh, artinya ialah sama, serupa, seimbang, atau serasi. Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah adanya perbedaan konsep kafa‟ah dalam perkawinan menurut tokoh NU di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara. Adapun masalah yang diteliti yaitu bagaimana konsep kafa‟ah dalam perkawinan menurut tokoh NU di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara? serta bagaimana pandangan hukum Islam tentang konsep kafa‟ah dalam perkawinan menurut tokoh NU di desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep kafa‟ah dalam perkawinan menurut tokoh NU di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara dan pandangan hukum Islam tentang konsep kafa‟ah dalam perkawinan menurut tokoh NU di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif dari pengamatan atau sumber-sumber tertulis. Maka data yang diperoleh baik data primer (secara langsung) adalah hasil dari field research (penelitian lapangan) yaitu wawancara dengan para tokoh NU struktural, masyarakat dan data sekunder (secara tidak langsung) yaitu literature lainnya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun metode pengumpulan data yaitu wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif, yaitu menerangkan serta menjelaskan secara mendalam terhadap semua aspek yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan: Berdasarkan pendapat para tokoh NU Desa Cahaya Makmur tentang kafa‟ah dalam perkawinan, mereka menekankan dari konsep kafa‟ah pada agama dan menganjurkan dalam hal memilih pasangan hidup, tidak hanya melihat dari nasab, kecantikan, dan agama tetapi juga memperhatikan sisi latar belakang organisasi keagamaannya artinya sama-sama warga NU. Hal ini bertujuan untuk mencari ketentraman dan kebaikan, untuk mencari kesamaan pemikiran dan pendapat yang sama dalam hal cara beribadah, furu„iyah, serta pandangan yang sama, agar tercipta keluarga sakinah mawaddah warohmah. Tinjauan hukum Islam tentang konsep kafa‟ah dalam perkawinan menurut tokoh NU di Desa Cahaya Makmur Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara sudah sesuai dengan syariat Islam, yang mensyaratkan kafa‟ah dalam perkawinan dan memilih jodoh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 05:33
Last Modified: 04 Nov 2021 05:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16274

Actions (login required)

View Item View Item