MANAJEMEN PELAYANAN DI PONDOK PESANTREN AS-SHIDDIQIYAH 11 GUNUNG LABUHAN WAYKANAN

SALSABILLA, NAFA PUTRI W. (2021) MANAJEMEN PELAYANAN DI PONDOK PESANTREN AS-SHIDDIQIYAH 11 GUNUNG LABUHAN WAYKANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI   SALSABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pelayanan merupakan manajemen proses yaitu sisi manajemen yang mengatur dan mengendalikan proses layanan, agar mekanisme kegiatan pelayanan dapat berjalan tertib, lancar, tepat mengenai sasaran dan memuaskan bagi pihak yang harus dilayani. teori manajemen pelayanan sangat tepat digunakan dalam penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pelayanan di pondok pesantren as-shiddiqiyah 11 gunung labuhan way kanan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawncara, dan dokumentasi, dengan analisis deduktif, teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Data primer dalam penelitian ini meliputi pimpinan pondok, pengurus, dan 3 orang santri yang berprestasi. Dan data sekunder yaitu buku serta beberapa referensi yang relevan dengan judul penelitian. Metode pengumpulan data; wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian; menejemen pelayanan di pondok pesantren asshiddiqiyah 11 gunung labuhan meliputi pelayanan administrasi, pelayanan barang dan jasa (pelayanan pemberian kebutuhan santri, pelayanan proses belajar mengajar, pelayanan kesehatan, pelayanan telepon santri). Hasil dari penelitian ini pelayanan di pondok pesantren asshiddiqiyah 11 dalam memberi kepuasan yang di lakukan oleh para staf sudah cukup matang, dibuktikan dengan Penampilan pegawai yang rapi Tempat pelayanan nya yang nyaman Sarana dan prasarana yang cukup, Pegawai yang disiplin dalam melakukan pelayanan, Pegawai yang memberi kemudahan dalam melayani santri, Akses pelayanan yang cukup baik, Menggunakan alat bantu dalam pelayanan. kehandalan yang dilakukan pondok pesantren sudah cukup baik dibuktikan dengan, Kecermatan pegawai dalam melayani santri, Standar pelayanan yang di pondok pesantren Asshiddiqiyah 11 Gunung Labuhan cukup baik, Keahlian kemampuan pegawai yang sudah baik dalam menggunakan alat bantu pelayanan. Jaminan yang diberikan oleh pondok pesantren Asshiddiqiyah 11 adalah sebagai berikut, Jaminan dalam Pelayanan Administrasi dan pelayanan barang dan jasa. empati yang dilakukan oleh pondok pesantren Asshiddiqiyah iv 11 Gunung sLabuhan Way Kanan sudah cukup baik di buktikan dengan adanya komunikasi yang baik terhadap santri serta menyediakan guru bimbingan konseling (BK) dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi santri. Kata kunci : Manajemen pelayanan, Pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:20
Last Modified: 04 Nov 2021 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16267

Actions (login required)

View Item View Item