MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI SENI MEMBATIK PADA KELOMPOK B DI TK BINTANG SAKTI

KHOIRIYAH, Wijaya Kusuma (2021) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI SENI MEMBATIK PADA KELOMPOK B DI TK BINTANG SAKTI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHOIRIYAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu hal baru dan membuat suatu karya sesuai daya imajinasinya. Perkembangan kreativitas anak merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan sejak sedini mungkin. Salah satu metode yang dapat mengembangkan kreativitas anak adalah melalui seni membatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak melalui seni membatik pada kelompok B di TK Bintang Sakti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan motode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 17 orang murid, 8 laki-laki dan 9 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak melalui seni membatik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa seni membatik dapat dijadikan salah satu metode untuk mengembangkan kreativitas anak Perkembangan kreativitas anak di TK Bintang Sakti menunjukan hasil yang cukup baik , hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang mampu mengikuti kegiatan seni membatik yang diberikan oleh guru kelas. Melalui kegiatan membatik ini dapat dilihat perkembangan kreativitas anak berbeda-beda. Dalam proses mengembangkan kreativitas anak melalui seni membatik dapat disimpulkan sebagai berikut : Memiliki sifat imajinatif, Dari hasil penelitian yang penulis amati pada indikator memiliki sifat imajinatif anak sudah berkembang dilihat dari saat anak membatik dengan berbagai media yang telah disediakan dan membatik sesuai dengan keinginannya. Akan tetapi ada beberapa anak yang masih sedikit ragu saat membatik. Memiliki rasa ingin tahu. Dari hasil penelitian yang penulis amati anak-anak sudah berkembang terlihat saat anak sangat antusias saat melakukan kegiatan membatik, menyimak saat guru menjelaskan tentang membatik, sering mengajukan pertanyaan yang baik. Tetapi masih ada yang masih malu untuk bertanya kepada guru. Memiliki sifat berani mengambil resiko, Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa anak sudah mampu mengekspresikan dirinya pada saat melakukan kegiatan membatik. Terlihat pada saat anak mampu membatik dan tidak takut kotor dalam mencampurkan warna, dan tidak takut gagal saat membatik. Memiliki sifat menghargai, Dari pengamatan yang telah peneliti lakukan terlihat anak sangat menghargai hasil karya yang telah mereka buat dan bisa menghargai hasil karya temannya. Anak mampu bekerja sama, menerima masukan guru dan temannya, dan dapat berkomentar postif. . Kata kunci : kreativitas, seni membatik iiCreativity is a person ability to do something new and create a work according to his imagination. The development of children's creativity is one of the important aspects that must be developed as early as possible. One method that can develop children's creativity is through the art of batik. The purpose of this study was to develop children's creativity through the art of batik in group B at Bintang Sakti Kindergarten. This research was conducted using a qualitative descriptive research method involving 17 children, 8 boys and 9 girls. Data were collected through observation, interviews and documentation. Then the data analyzed were qualitatively by using data collection techniques, data reduction, data display and drawing conclusions. The results of this study indicate an increase in children's creativity through the art of batik. Based on the results of the study, it shows that the art of batik can be used as a method to develop children's creativity. The development of children’s creativity in Bintang Sakti Kindergarten shows good result, this can be seen from student who are able to participate in the batik art activities given by the classroom teacher. Through this batik activity is developing well. In the process of developing children’s cerativiy through the art of batik, it can be concluded as follows: has an imaginative nature, media that has been provided and make batik acording tohis wishes. However, there are some children who are still a little hesitant when makingbatik. Have curiosity. And the results of the research that the author observed that the children had developed were seen when the children were very enthusiastic when doing batik activities, listened when the teacher explained about batik, often asked good questions. But there are still some who are still embarrassed to ask the teacher. Having the courage to taje risks. From the result of the study, it can be seen that children are able to express themselves when doing batik activitie. It can be seen when children are able to make batik and are not afraid to get dirty in mixing warfa, and are not afraid to fail when doing batik. Have respect, and observations that have been made by researchers show that children really appreciate the work they have made and can appreciate the work of their friends. Children are able to work together, receive input from teachers and friends, and cam comment positively. iii ABSTRACT Keywords : creativity, batik art

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:20
Last Modified: 04 Nov 2021 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16266

Actions (login required)

View Item View Item