ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO TOTAL ASSET RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER DAN SALES GROWTH TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (STUDI PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA FULL SYARIAH PERIODE 2015-2020)

Fajar, Maulana Imadudin (2021) ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO TOTAL ASSET RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER DAN SALES GROWTH TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (STUDI PADA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA FULL SYARIAH PERIODE 2015-2020). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Fajar Maulana Imadudin_1751020153.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Cover Bab-1,5,Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa, terdapat lima perusahaan asuransi di Indonesia yang mengalami kasus gagal bayar klaim asuransi kepada nasabah dalam sepuluh tahun terakhir. Yaitu, PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life), PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jiwa Bakrie Life, PT Asuransi Bumi Asih Jaya, Asuransi Jiwa Bumi Putra 1912. Kondisi kesulitan keuangan atau financial distress merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan, karna dapat mengakibatkan kebangkrutan yang dapat mempengaruhi kepercayaan nasabah ataupun investor. Rasio Likuiditas berkaitan dengan kondisi keuangan perusahaan, tingkat likuiditas yang rendah merupakat salah satu faktor penyebab perusahaan di likuidasi. Setiap perusahaan memiliki analisis masingmasing dalam menganalisis financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel current ratio, debt to total asset ratio,total asset turnover, dan sales growth terhadap financial distress baik itu secara parsial dan juga simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan asuransi full syari’ah yang tercatat dalam Otoritas Jasa Keuanga (OJK) pada tahun 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 5 perusahaan. Data yang diolah adalah data sekunder yang diperoleh peneliti melalui laporan keuangan tahunan dari situs web resmi perusahaan terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Current Ratio, Debt to Total Asset Ratio, Total Assets Turnover dan Sales Growth memiliki pengaruh terhadap financial distress. Secara parsial variabel current ratio dan total asset turnoverberpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress¸ sedangkan variabel debt to total asset ratio dan sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Kata kunci :current ratio, debt to total asset ratio, total asset turnover, sales growth, financial distress

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:10
Last Modified: 04 Nov 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16265

Actions (login required)

View Item View Item