PERBEDAAN STRES AKADEMIK BELAJAR DARING ANTARA SISWA PEREMPUAN DAN SISWA LAKI-LAKI

Ari, Juniar (2021) PERBEDAAN STRES AKADEMIK BELAJAR DARING ANTARA SISWA PEREMPUAN DAN SISWA LAKI-LAKI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Ari Juniar_1431080133.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERBEDAAN STRES AKADEMIK BELAJAR DARING ANTARA SISWA PEREMPUAN DAN SISWA LAKI-LAKI Oleh: Ari Juniar Stres akademik adalah stres yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa di sekolah, berupa ketegangan-ketegangan yang bersumber dari faktor akademik yang dialami siswa, sehingga mengakibatkan terjadinya distorsi pada pikiran siswa dan mempengaruhi fisik, emosi, dan tingkah laku, muncunya stres akademik dalam pembelajaran daring lebih disebabkan oleh banyaknya tugas yang diberikan guru dengan waktu yang singkat serta pembelajaran daring sangat membosankan dan melelahkan para siswa karena mereka tidak dapat berinteraksi secara langsung baik dengan guru maupun siswa lainnya. Untuk itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan stres akademik belajar daring antara siswa perempuan dan siswa laki-laki. Berdasarkan tujuan dalam penelitian ini maka hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan stres akademik belajar daring antara siswa perempuan dan siswa laki-laki. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah stres akademik siswasedangkan variabel bebas adalah jenis kelamin, dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa, sementara itu metode pengumpulan data menggunakan skalastres akademik serta teknik analisis data menggunakan independentsample t-testdengan bantuan StatisticalPackageforSocialScieces (SPSS) versi 24.0 forwindows. Hasil dalam penelitian ini adalah ada terdapat perbedaan dengan signifikan stres akademik dalam belajar daring pada siswa perempuan dan siswa laki-laki di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun 2020/2021 hal itu terlihat dari nilai sig (2-tailed) 0.000 berarti nilai p-value>alpha atau sama dengan 0.000 > 0,05. Hal itu juga dapat dilihat dari nilai kategorisasi dimana jumlah siswa perempuan yang mengalami stres akademik belajar daring lebih tinggi yaitu sebanyak 18 atau 48.64% dibandingkan dengan dengan siswa laki-laki yaitu sebanyak 14 atau 37.83%.. Kata Kunci: Stres Akademik, Siswa Perempuan dan Siswa Laki- Laki

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:55
Last Modified: 04 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item