PENGARUH PUBLIKASI LEMBAGA SURVEI TERHADAP PERILAKU PEMILIH (Studi pada Pilkada Kabupaten Pringsewu 2017)

Iswanto, Beny (2017) PENGARUH PUBLIKASI LEMBAGA SURVEI TERHADAP PERILAKU PEMILIH (Studi pada Pilkada Kabupaten Pringsewu 2017). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_benny.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Lahirnya lembaga survei tidak terlepas dari unsur demokrasi yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat. Lembaga survei mengalami perkembangan yang sangat besar terlebih dalam menjelang pemilu, baik pemilu presiden, gubernur, bupati dan calon legislatif. Hasil dari lembaga survei dengan cepat dapat di publikasikan melalui media massa sehingga masyarakat dapat mengetahui setiap calon yang unggul dalam pilkada maupun suara elektabilitasnya mengalami peningkatan. Perilaku pemilih yang beragam sifat tentu banyak yang mempegaruhi pemilih agar memilih sesuai yang diinginkan oleh kandidat. Pengaruh yang di berikan dapat berupa pengetahuan, sikap, dan perilaku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah publikasi lemabaga survei berpengaruh terhadap perilaku pemilih? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh publikasi lembaga survei terhadap perilaku pemilih dan mengetahui jenis pemilih apa yang ada dalam pilkada Pringsewu 2017. Hipotesis yang diajukan yaitu tidak ada pengaruh antara publikasi lembaga survei terhadap perilaku pemilih. Penelitian berusaha untuk menemukan pengaruh dari variabel bebas, yaitu publikasi lembaga survei. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data angket.. Teknik pada pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Random Sampling untuk menetapkan jumlah responden yang akan di jadikan sampel berdasarkan kriteria-kriteria dan pertimbangan. Penyebarkan angket kemasyarakat sebanyak 145 dan yang kembali 135 angket. Setelah angket terkumpul kemudian di berikan skor tiap aitem dengan kaidah yang telah ditentukan. Setelah penskoran selesai, kemudian data di analisis menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan aplikasi SPSS Windows 16, diperoleh hasil rxy = -0.188 dengan signifikan 0.29 (P < 0.05) jika nilai P kurang dari 0.05 maka dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara publikasi lembaga survei terhadap perilaku pemilih. Tingkat keterpengaruhan sangat kecil yaitu hanya 0.29. Jika penggunaan media untuk menyebar luaskan publikasi lembaga survei rutin di beritakan di televisi tiap bulanya mungkin tingkat keterpengaruhanya akan meningkat karena televisi merupakan sumber berita bagi masyarakat ketimbang media Koran dan berita online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:18
Last Modified: 19 Oct 2017 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item