FUNGSI MANAJEMEN LAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN

ITA, NURJANAH (2021) FUNGSI MANAJEMEN LAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ITA NURJANAH_1741030017.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fungsi manajemen pelayanan publik dalam berbagai sektor menyangkut hak-hak dan kebutuhan masyarakat yang belum sesuai dengan prosedur dan harapan masyarakat, baik secara sistem dan prosedur pelayanan yang masih kurang baik. Dalalm pelayanan pencatatan nikah yang menjadi hambatan terealisasikannya suatu pelayanan publik di Kantor Urusan Agama (KUA) yaitu dalam pelayanan pencatatan nikah yang menggunakan prosedur atau berbasis online. Kantor urusan agama berusaha untuk menangani masalah dalam pelayanan pencatatan nikah misalnya dalam data yang kurang sinkron, NIK tidak valid.Dengan itu maka diperlukan fungsi manajemen dalam pelayanan publik untuk meminimalisir data yang kurang valid.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen dalam layanan pencatatan nikah terhadap masyarakat di kecamatan Mesuji raya, Untuk itu diperlukan adanya fungsi manajemen pelayanan publik untuk meningkatkan pelayanan dalam pencatatan nikah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikakan fungsi manajemen layanan publik dalam meningkatkan layanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini terkategori field research yang bersifat deskriptip analisis.Yaitu suatu metode penelitian dengan mengumpulkan data-data yang telah disusun. Metode ini dapat dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen layanan publik dalam meningkatkan layanan pencatatan nikah di kantor urusan agama kecamatan Mesuji raya kabupaten ogan komering ilir sumatera selatan belum sepenuhnya dapat dilaksanakan secara optimal. Adanya kekurangan yang berkaitan dengan data pencatatan nikah maka seharusnya seluruh pengurus pelayanan di kantor urusan agama mengevaluasi kembali adanya aturan yang berkaitan dengan data serta kesalahan dan kendalanya dalam pelayanan pencatatan nikah di iii Kantor Urusan Agama Kecamatan Mesuji Raya. Fungsi manajemen Kantor Urusan Agama Kecamatan Mesuji Raya hendaknya lebih meningkatkan layanan pencatatan nikah agar lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Kata Kunci: Fungsi Manajemen Layanan Publik Pencatatan Nikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:19
Last Modified: 04 Nov 2021 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16259

Actions (login required)

View Item View Item