PERAN PENYULUH BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA NARKOBA BAGI REMAJA DI KABUPATEN TANGGAMUS

FINA, SYARIFATUL AULIA (2021) PERAN PENYULUH BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA NARKOBA BAGI REMAJA DI KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Fina Syarifatul Aulia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Narkoba adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Salah satu pengguna narkoba yaitu remaja, remaja termasuk pengguna narkoba yang rentan dalam jangka waktu panjang. Supaya masyarakat mengetahui bahaya narkoba salah satunya yaitu dengnan diadakannya penyuluhan. Penyuluh Badan Narkotika Nasional (BNN) merupakan salah satu bidang yang ada di BNN yang mempunyai tugas dalam memberikan penyuluhan atau pembinaan kepada masyarakat. Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaimana peran penyuluh dan metode yang dilakukan dalam meningkatkan pemahaman bahaya narkoba bagi remaja di Kabupaten Tanggamus. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 penyuluh BNN dan 3 remaja. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, verivikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran penyuluh BNN dalam meningkatkan pemahaman bahaya narkoba bagi remaja di Kabupaten Tanggamus dinilai sangat penting dan aktif dengan peran yang dijalankan yaitu pengembangan kebutuhan untuk melakukan perubahan, menggerakkan masyarakat untuk melakukan perubahan, dan memantapkan hubungan masyarakat untuk melakukan perubahaan. Penyuluh menggunakan 2 metode yaitu metode secara langsung dan metode media sosial. Metode secara langsung yaitu dengan berkelompok dan metode media sosial melalui postingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:12
Last Modified: 03 Nov 2021 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item