UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI RA AR-RASYID KECAMATAN SUKABUMI KOTA BANDAR LAMPUNG

Susanti, Susi (2017) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI RA AR-RASYID KECAMATAN SUKABUMI KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Susi.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Moral adalah suatu kapasitas yang dimiliki individu untuk membedakan yang benar dan salah. Metode bercerita merupakan penyampaian suatu pesan secara lisan dan merupakan upaya pemberian pengalaman belajar dalam mengembangkan moral anak. Berdasarkan hasil survey diketahui perkembangan moral anak di kelompok B1 RA Ar-Rasyid Sukabumi Bandar Lampung belum berkembang sesuai harapan, diantaranya masih dijumpai anak yang berbicara kurang sopan, tidak mendengarkan orang yang berbicara, suka memaksakan kehendak, bercanda ketika berdoa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan moral anak melalui metode bercerita di RA Ar-Rasyid Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung”. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan metode bercerita dalam upaya untuk mengembangkan aspek perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di RA Ar-Rasyid Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah peserta didik sebanyak 15 anak dan 1 orang guru di kelompok B1 RA Ar-Rasyid Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah upaya guru dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di RA Ar-Rasyid Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisa hasil penelitian peneliti melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya guru dapat mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di kelompok B1 RA Ar-Rasyid Sukabumi Bandar Lampung, yaitu: (1) Guru membuat kesepakatan dengan anak tentang aturan yang harus dipatuhi sebelum dan selama kegiatan bercerita berlangsung (2) Guru menyampaikan cerita yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai moral yang dekat dengan anak (3) Guru mengajak anak untuk berinteraksi dalam cerita (4) Guru meminta anak untuk menceritakan kembali kisah yang telah disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:05
Last Modified: 19 Oct 2017 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item