PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI MATERI ISLAM DAN LINGKUNGAN SUPLEMEN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X

RISKA, SYAHFINA (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI MATERI ISLAM DAN LINGKUNGAN SUPLEMEN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_RISKA SYAHFINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan berbagai pendekatan belajar melibatkan materi Islam-lingkungan kepada peserta didik sebagai materi pengayaan pendukung materi biologi. Penelitian ini didasari dengan hasil belajar ranah kognitif materi keanekaragaman hayati peserta didik dalam kategori rendah sehingga menjadi faktor utama mengembangkan bahan ajar e-modul biologi materi Islam dan lingkungan suplemen materi pencemaran lingkungan kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan e-modul biologi yang dikemas dengan nilai-nilai keterbaruan yaitu sumber bacaan Islam dan Lingkungan sebagai pendukung materi biologi yaitu pencemaran lingkungan (2) Mengetahui kelayakan e-modul biologi materi Islam dan lingkungan suplemen materi pencemaran lingkungan kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Thiagarajan yang mengemukakan bahwa langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari define, design, development, dissemination. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket penilaian skala likert dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari pakar materi, pakar bahasa, pakar media, guru biologi dan peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Bandar Lampung dengan jumlah keseluruhan 94 responden peserta didik kelas X MIPA 1, X MIPA 2 dan X MIPA 3. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari pakar materi, pakar bahasa, pakar media, guru biologi dan peserta didik kelas X SMA. Berdasarkan hasil validasi e-modul biologi materi Islam dan lingkungan suplemen materi pencemaran lingkungan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan hasil pakar materi 94%, pakar bahasa 86%, pakar media 97% dengan persentase rata-rata 92% “sangat layak”. Respon guru dan peserta didik terhadap e-modul biologi sangat baik dengan persentase rata-rata penilaian guru terhadap e-modul 97% “sangat layak” dan persentase rata-rata penilaian dari peserta didik 82,5% “sangat layak”. Efektif digunakan karena hasil belajar menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal 100% dengan rata–rata nilai 77,5 kriteria ”sangat baik” Kata Kunci: E-Modul Biologi, Islam dan Lingkungan, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:06
Last Modified: 03 Nov 2021 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16249

Actions (login required)

View Item View Item