ANALISIS PENGARUH SISTEM UPAH DAN ETOS KERJA TERHADAP KESEJAHTERAAN BURUH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Ikan Teri Asin Pulau Pasaran)

SELA, INDAH PAMELA (2021) ANALISIS PENGARUH SISTEM UPAH DAN ETOS KERJA TERHADAP KESEJAHTERAAN BURUH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Ikan Teri Asin Pulau Pasaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro kecil menengah mempunyai peran yang strategis dalam perekonomian nasional, selain itu penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Terkhusus bagi UMKM yang telah dikenal sebagai sentra ikan teri asin terbesar di Bandar Lampung dan dijadikan salah satu desa binaan klaster oleh Bank Indonesia (BI). Berkembangnya UMKM ini juga terlihat dari banyaknya buruh yang berkerja yang setiap hari mengandalkan hidup bekerja di Pulau Pasaran. Maka kondisi buruh khususnya kesejahteraan perlu di teliti berdasarkan sistem upah yang diberikan dan etos kerja yang ada pada buruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengupahan dan etos kerja terhadap kesejahteraan buruh pada UMKM ikan teri asin secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui sistem upah, etos kerja dan kesejahteraan buruh UMKM ikan teri asin Pulau Pasaran dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dalam penelitian ini variabel independen yaitu sistem upah (X1) dan etos kerja (X2) terhadap kesejahteraan buruh (Y) di UMKM ikan teri asin Pulau Pasaran. Sampel yang diambil berjumlah 66 responden. Alat yang digunakan dalam analisis data menggunakan SPSS 16.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, serta uji regresi berganda yakni meliputi koefisien determinasi, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel sistem upah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan buruh sehingga hipotesis penelitian H1 diterima, kemudian variabel etos kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesejahteraan sehingga hipotesis penelitian H2 diterima yaitu ada pengaruh etos kerja terhadap kesejahteraan buruh UMKM ikan teri asin Pulau Pasaran. Secara simultan variabel sistem upah dan etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan buruh UMKM ikan teri asin Pulau Pasaran sehingga hipotesis penelitian H3 di terima. Ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam sistem pengupahan dan etos kerja buruh pada UMKM ikan teri asin Pulau Pasaran sesuai dengan prinsip iii ekonomi Islam sedangkan kesejahteraan buruh UMKM Ikan Teri Asin Pulau Pasaran belum sepenuhnya sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam. Indikator terpeliharanya akidah, jiwa dan keturunan tergolong tinggi, akan tetapi indikator rendahnya pendidikan dan terpelihanya harta cukup rendah dimana upah yang diterima hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Kemaslahatan dalam pandangan Ekonomi Islam merupakan terpeliharanya tujuan syara’ (Muqasid al- Syariah), dan tujuan utama Ekonomi Islam adalah merealisasikan tujuan manusia untuk tercapainya kebahagian dunia dan akhirat (falah), serta kehidupan yang baik dan terhormat (al-hayah al-tayyiban). Kata kunci: Sistem Upah, Etos Kerja, dan Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:06
Last Modified: 02 Nov 2021 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16231

Actions (login required)

View Item View Item