MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

Hakimah, Shofy (2017) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Hakimah.pdf]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi dalam mengelola sumber daya manusia, salah satunya adalah pengembangan yaitu proses untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia disekolah. Pendidik atau guru di MAN 1 Lampung Tengah melakukan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga penulis tertarik untuk meneliti manajemen pengembangan sumber daya pendidik yang ada di MAN 1 Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen sumber daya pendidik di MAN 1 Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama penelitian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian manajemen pengembangan sumber daya pendidik di MAN 1 Lampung Tengah dengan beberapa tahapan: 1) Perencanaan pengembangan pendidik: Studi lanjut direncanakan pendidik yang menempati jabatan/posisi khusus, dan kebebasan bagi pendidik yang ingin melanjutkan studi, inservice training direncanakan kepada 45 pendidik MAN 1 Lampung tengah untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, MGMP direncanakan setiap tahun minimal satu bulan dalam setahun pelaksanaannya, pemberdayaan organisasi direncanakan 45 pendidik menjadi anggota PGRI, sertifikasi direncanakan 90% dari 45 pendidik. 2) Pelaksanaan pengembangan Pendidik: Pendidik yang melakukan studi lanjut terdapat 9 pendidik dengan gelar S2, 1 pendidik dengan gelar S3. terdapat 43 pendidik yang lulus sertifikasi dari 45 pendidik, madrasah melakukan kegiatan MGMP yang diikuti 47 KKM, pendidik melaksanakan Inservice Training meliputi workshop 25 pendidik, diklat 45 pendidik, pembina olimpiade 5 pendidik, 3 pendidik meraih penghargaan tingkat nasional, 45 pendidik mengikuti seminar, 7 pendidik BIMTEK, dan 45 pendidik tergabung dalam organisasi profesi (PGRI). 3) Pengawasan pengembangan pendidik: Pembuatan laporan pelatihan, Supervisi dilakukan 1 kali dalam 1 semester, supervisi assesor akreditasi. Kesimpulan penelitian ini, manajemen pengembangan pendidik dilaksanakan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pengembangan diikuti seluruh pendidik MAN 1 Lampung Tengah, walau sudah adanya perencanaan ada beberapa pendidik yang belum melaksanakan pengembangan seperti mengikuti sertifikasi dan melakukan pelatihan workshop atau lokakarya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:42
Last Modified: 19 Oct 2017 01:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item