KONSEP PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Aditya, Nur Rahma (2021) KONSEP PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring pesatnya perkembangan zaman dan cepatnya arus globalisasi, dunia mengalami perkembangan teknologi yang dahsyat termasuk informasi. Hal itu menyebabkan kemerosotan sikap nasionalisme dan patriotisme bangsa, serta mengakibatkan seseorang menjadi individualisme. Selain itu, muncul pula kelompok- kelompok berlabel isme yang meresahkan masyarakat dan negara. Oleh karena itu diperlukannya wadah dalam memberikan pendidikan kebangsaan dan yang memiliki keterkaitan ataupun hubungan dengan pendidikan Agama Islam. Gerakan kepanduan Hizbul Wathan adalah gerakan kepanduan Islam di Indonesia yang didirikan pada tahun 1918 oleh pendiri Organisasi Muhammadiyah yaitu KH. Ahmad Dahlan dan kepanduan ini masih tetap aktif hingga saat ini. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah 1) bagaimana konsep pendidikan kebangsaan pada gerakan kepanduan Hizbul Wathan dalam hal rasa kebangsaan dan cinta tanah air?, 2) apa saja aspek-aspek pendidikan Agama Islam dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan?, 3) apa relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Peneliti mengumpulkan data pustaka mengenai pendidikan kebangsaan, gerakan kepanduan Hizbul Wathan, dan pendidikan Agama Islam, yang kemudian dianalisis mengenai konsep pendidikan kebangsaan dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan serta relevansinya dengan pendidikan Agama Islam. Adapun hasil penelitian menunjukkan 1) Konsep pendidikan kebangsaan pada gerakan kepanduan Hizbul Wathan sebagai berikut: a) dalam hal rasa kebangsaan terdapat dalam janji dan undang-undang Pandu Hizbul Wathan serta dapat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kegiatan mengibarkan, menurunkan, melipat, menyimpan Bendera Merah Putih. b) dalam hal cinta tanah air juga terdapat dalam janji dan Undang-Undang pandu Hizbul Wathan serta iiiii kegiatan diantaranya perkemahan dan pemetaan. 2) Aspek pendidikan Agama Islam dalam kepanduan Hizbul Wathan diantaranya aspek Al- Qur‟an dan Hadits, aspek Keimanan dan Aqidah Islam, aspek Akhlak, aspek Hukum Islam atau Syari‟ah Islam, dan aspek Tarikh Islam. 3) Terdapat 2 aspek relevansi konsep pendidikan kebangsaan dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan yaitu relevansi dengan tujuan pendidikan Agama Islam dan relevansi dengan ruang lingkup Pendidikan Islam. Kata Kunci : Pendidikan Kebangsaan, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:00
Last Modified: 02 Nov 2021 06:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16223

Actions (login required)

View Item View Item