PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X

NUR, SIATI NINGRUM (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  NUR SIATI NINGRUM .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X Oleh: Nur Siati Ningrum Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMA Negeri 1 Gunung Pelindung Lampung Timur yang masih rendah. Dikarenakan pendidik yang masih menggunakan metode konvesional seperti ceramah (Teacher center) dan diskusi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantu google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X pada mata pembelajaran biologi di SMA N 1 Gunung Pelindung Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain kelas penelitian ini adalah Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik X SMA Negeri 1 Gunung Pelindung dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik Acak Kelas dengan sampel dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu Google Classrroom sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengambilan data berupa tes dan non tes. Setelah data tes objektif dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan uji t. Uji prasyarat penelitian menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Of Variances. Sedangkan uji hipotesis penelitian menggunakan uji One Sample T Tes dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perhitungan hasil penelitian menunjukkan 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantu Google Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah Peserta didik kelas X. Kata kunci : Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu Google Classroom, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 05:56
Last Modified: 02 Nov 2021 05:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item