PENGARUH SEKTOR PERTANIAN, SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN DAN SEKTOR PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PERIODE 2010-2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ANISA, PRISTIKA (2021) PENGARUH SEKTOR PERTANIAN, SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN DAN SEKTOR PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PERIODE 2010-2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ANISA PRISTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi daerah merupakan suatu proses peningkatan pendapatan masyarakat yang terjadi di berbagai sektor ekonomi dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan bagi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan mengalami fluktuasi dan cenderung menurun setiap tahun jika dilihat dari pertumbuhan PDRB Kabupaten Lampung Selatan. Penurunan tersebut tidak berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan dari sektor pertanian, sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang menggunakan software SPSS 25. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diterbitkan oleh BPS Lampung Selatan dengan sampel penelitian 10 tahun. Berdasarkan hasil uji parsial, sektor pertanianberpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan. Sektor industri pengolahan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan. Sektor perdagangan berpengaruh secara negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan. Hasil uji simultan atau uji F, menunjukkan bahwa sektor pertanian, sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan secara bersama-sama berpengaruhpositif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2010-2019 dengan nilai signifikansi 0,002<0,05. Dalam pandangan ekonomi Islam, manusia diciptakan sebagai khalifah Allah Swt yang bertugas untuk mengelola sumber daya alam sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan ini akan menuntun kepada pembangunan daerah di Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini dapat diwujudkan melalui keadilan distribusi pendapatan kepada seluruh golongan masyarakat. Kata Kunci : Sektor Pertanian, Sektor Industri Pengolahan, Sektor Perdagangan, Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 05:04
Last Modified: 02 Nov 2021 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

View Item View Item