PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, BONUS PLANS, DEBT COVENANT, DAN FIRM SIZE TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2019)

Rahmi, Nadiya (2021) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, BONUS PLANS, DEBT COVENANT, DAN FIRM SIZE TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2019). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_Rahmi Nadiya_1651020351.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Laporan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada para investor dan kreditor dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan investasi dana mereka. Namun, laporan keuangan mempunyai keterbatasan informasi laba yang dalam praktiknya menimbulkan aktivitas manajemen laba oleh pihak manajemen perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah corporate governance, bonus plans, debt covenant, dan firm size berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap manajemen laba. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh corporate governance, bonus plans, debt covenant, dan firm size berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 3 bank syariah yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, bonus plans berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, debt covenant berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan firm size berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil penelitian dari semua variabel independen penelitian yaitu corporate governance, bonus plans, debt covenant, dan firm size secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata kunci: corporate governance, bonus plans, debt covenant, firm size, manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:34
Last Modified: 02 Nov 2021 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item