ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG SEBAGAI CALON GURU

MALA NUR, INDAH SARI (2021) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG SEBAGAI CALON GURU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MALA NUR INDAH SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan Dasar Mengajar merupakan suatu keterampilan (skills) dengan karakteristik khusus yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang pendidik untuk melakukan tugas dan kewajiban dalam proses pembelajaran secara efektif, efisien, dan profesional. Keterampilan dasar mengajar ini terdiri dari keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, dan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Keterampilan Dasar Mengajar mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai calon guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 6 tahun ajaran 2020/2021 yang mengikuti mata kuliah microteaching serta melakukan praktek microteaching. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Data diperoleh melalui instrument wawancara, angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan metode triangulasi data yaitu triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa mahasiswa pendidikan biologi telah menerapkan Keterampilan dasar mengajar dan dikategorikan terampil, hal ini dapat dibuktikan dari data pengisian angket diperoleh rata rata skor sebesar 84, 9% dan data hasil observasi pada pelaksanaan praktek mengajar microteaching yang dilihat melalui video praktek mengajar yang mahasiswa pendidikan biologi upload di sosial media mereka diperoleh rata rata skor sebesar 80, 7%. Nilai keterampilan dasar mengajar tertinggi terdapat pada aspek keterampilan menjelaskan, sedangkan nilai keterampilan dasar mengajar terendah terdapat pada aspek keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Kata kunci: keterampilan dasar mengajar, mahasiswa pendidikan biologi, calon guru. iiABSTRACT The basic teaching skills are a skill (skills) dengan special characteristics that must be owned and controlled by an educator to carry out duties and obligatioms in the learning process effectively, efficiently, and professionally. The basic teaching skills consist of opening skills and closing lessons, explained skills, skill hold variations, strengthening skills, asking skills, class managing skills, small group teaching skills and individuals, and the skills guiding small group discussions. The purpose of this study was to determine the basic skills of teaching students as prospective teachers at the State Islamic University of Raden Intan Lampung. This type of research is descriptive research with qualitative methods. The research was conducted at the biology eduation study program at the State Islamic University of Raden Intan Lampung. The research sample is 6 semester students of the 2020/2021 academic year who take microteaching courses as well as doing microteaching practice. Sampling was carried out using a proportional random sampling technique. Data were obtained through interview instruments, questionnaires, surveys and documentation using the data triangulation method, namely technical triangulation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. Based on the results of data analysis, it is known that biology education students have applied basic teaching skills, this can be proven from the data filling out the questionnaire obtained an average score of 84, 9% and data from observations on the implementation of microteaching teaching practices seen through teaching practices videons by biology education students uploads on their social media obtained average of 80, 7%. The highest value of basic teaching skills is in the aspect of explaining skills, while the lowest value of basic teaching skills is in the aspect of skills in guiding small discussions. Keywords: basic teaching skills, biology education studnts, prospective teacher. iii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:58
Last Modified: 29 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item