IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI PAUD MEKAR SARI PRINGSEWU

Arta, Wisma Rina (2021) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI PAUD MEKAR SARI PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover, bab 1, bab 2, dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ARTA -.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Anak usia dini harus dilatih kemampuan kecerdasan interpersonalnya, karena kecerdasan interpersonal pada anak, akan pandai mengatasi konflik dan tertanam kemampuan menjadi pemimpin. Kegiatan bermain peran anak dapat mengekspresikan imajinasinya secara langsung, melalui arahan dan contoh peran atau tokoh yang mereka perankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bermain peran untuk mengembangkan kemampuan kecerdasan interpersonal pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Pringsewu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriftip kualitatif dengan subjek guru dan peserta didik di kelas B usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Pringsewu. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa implementasi bermain peran belum optimal karena dari 9 langkah penerapan bermain peran, dilangkah yang ke 8 guru tidak menerapkan evaluasi kepada anak setelah kegiatan bermain peran, dikarenakan terbatasnya waktu, akibatnya kecerdasan interpersonal belum berkembang secara maksimal. Kata Kunci: Bermain Peran, Kecerdasasn Interpersonal iiiABSTRACT Interpersonal intelligence is the ability to understand and interact effectively with other people. Early childhood must be trained in interpersonal intelligence skills, because interpersonal intelligence in children will be good at dealing with conflicts and embedded the ability to become leaders. Role-playing activities of children can express their imagination directly, through directions and examples of the roles or characters they play. The purpose of this study was to determine the implementation of role playing to develop interpersonal intelligence skills in group B children aged 5-6 years at PAUD Mekar Sari Pringsewu. In this study, the authors used descriptive qualitative research with the subject of teachers and students in class B aged 5-6 years at PAUD Mekar Sari Pringsewu. Data collection tools that the author uses are observation, interviews, and documentation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the implementation of role playing is not optimal because of the 5 steps of implementing role playing, in the fourth step the teacher does not apply evaluation to children after role playing activities, due to limited time, as a result interpersonal intelligence has not developed optimally. Keywords: Role Playing, Interpersonal Intelligence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:37
Last Modified: 29 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item View Item