DAMPAK PANDEMI COVID-19DAN KEBIJAKAN PPKM TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi PadaUMKMRumah Makan Pindang Meranjat Riu Resto Cabang PalapaKota Bandar Lampung)

YORDAN, SAPUTRA (2021) DAMPAK PANDEMI COVID-19DAN KEBIJAKAN PPKM TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi PadaUMKMRumah Makan Pindang Meranjat Riu Resto Cabang PalapaKota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI YORDAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga mengalami kontraksi sebesar -5,32% pada kuartal II tahun 2020 dan berdampak pada sektor UMKM ditambah lagi dengan adanya penerapan kebijakan PPKM. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa keberlangsungan dan pendapatan UMKM juga terdampak, disaat pandemi covid-19 sektor UMKM diketahui memiliki kontribusi besar bagi perekonomian seperti penyumbang PDB dan penyerapan tenaga kerja yang tinggi juga memiliki strategis dalam pemerataan pendapatan bagi masyarakat sekaligus sebagai wadah sosial ekonomi masyarakat. Salah satu UMKM yang terdampak pandemi adalah UMKM Rumah Makan Pindang Meranjat Riu Resto Cabang Palapa Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 dan kebijakan PPKM terhadap tingkat pendapatan UMKM rumah makan pindang meranjat riu resto. untuk mengetahui bagaimana prespektif ekonomi islam tentang dampak covid-19 dan kebijakan ppkm terhadap tingkat pendapatan umkm rumah Makan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriftif kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Rumah Makan Pindang Meranjat Riu Resto Cabang Palapa Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian bahwa dampak pandemi Covid-19 memiliki dampak negatif terhadap UMKM rumah makan pindang meranjat riu resto, dampak yang dialami seperti menyebabkan penurunan pendapatan atau omset secara signifikan hingga 70% hal ini disebabkan ada beberapa faktor yang pertama menurunnya permintaan konsumen, kedua tidak menggunakannya digital marketing. Sedangkan kebijakan PPKM memiliki dampak positif terhadap UMKM rumah makan pindang meranjat riu resto, hal ini disebabkan penerapan kebijakan PPKM ini membantu dalam keberlangsungan usaha seperti diperbolehkannya usaha tetap buka walaupun jam operasional dan pengunjung dibatasi, akan tetapi sudah terbukti bahwa usaha ini mengalami peningkatan pendapatan selama penerapan kebijakan PPKM tersebut. Kata Kunci : Dampak Pandemi Covid-19, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:24
Last Modified: 29 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item