MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK ASSALAM II SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Chairunnisa, Usman (2021) MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK ASSALAM II SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT COVER_BAB_2_DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL CHOIRUNNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai anak usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling penting dalam kehidupan manusia sehari-hari, karena disamping berfungsi sebagai alat untuk mengungkapkan fikiran dan perasaan kepada orang lain. Perkembangan dalam aspek bahasa dimulai dalam peniruan bunyi dan suara, berlanjut dengan meraba. Pada masa awal sekolah berkembang kemampuan berbahasa sosial yaitu bahasa untuk memahami perintah, ajakan serta hubungan anak dengan teman-temannya. Metode cerita merupakan alat satu metode mengajar, yaitu suatu strategi belajar- mengajar yang dilaksanakan di dalam kelas ataupun diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bahasa anak di TK.Assalam II Sukarame Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 oarang guru dan anak kelompok B1 TK. Assalam II Sukarame Bandar Lampung, dengan jumlah 18 orang dengan objek bahasa. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan sumber data yang terdiri dari observasi dan interview dengan guru, teknik pengumpulan data, wawancara yang di lakukan oleh guru, dokumentasi untuk memberikan bukti yang akurat, serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya mengembangkan Bahasa Anak melalui media gambar dengan potongan kertas origami sebagai berikut : 1) Guru memilih media gambar yang akan digunakan untuk menyusun kartu huruf. 2) Guru menyediakan alat dan bahan untuk kegiatan menyusun kartu huruf. 3) Guru memberikan pengarahan mengenai tahapan- tahapan dalam proses kegiatan menyusun kartu huruf. 4) Guru melakukan pengawasan dan pengamatan pada kegiatan menyusun Kartu Huruf. 5) Guru memberikan penilaian hasil kegiatan menyusun Kartu Huruf. Hal ini menunjukan bahwa lima langkah pedoman guru dalam memperkenalkan menyusun Kartu Huruf ini dapat diterapkan pada anak usia dini dalam mengembangkan perkembangan Bahasa. Pendidik tidak harus menekan ataau memaksa iianak, karena tingkat keberhasilan anak tidak harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak karena kemampuan anak berbeda- beda. Kata Kunci :Bahasa, Cerita, Media Gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:27
Last Modified: 29 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item View Item