MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BAHAN BEKAS KORAN DI TK AL-BUSTAN BANDAR LAMPUNG

SELA, OKSALIA PRATIWI (2021) MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BAHAN BEKAS KORAN DI TK AL-BUSTAN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELA OKSALIA PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Motorik halus merupakan kemampuan gerak yang baik pada anak yang amat diperlukan dalam melakukan kegiatan apa saja. Apabila hal ini kurang dikembangkan anak-anak menjadi tidak mandiri dan menjadi kurang percaya diri dalam lingkungan sosialnya, setiap anak mampu mencapai tahap perkembangan motorik halus asal mendapatkan stimulasi yang optimal dan tepat. Melalui kegiatan pemanfaatan media bahan bekas koran dalam mengembangkan motorik halus sehingga anak sudah mulai bisa melakukan gerakan tangan secara sederhana dan dapat mengordinasikan otot-otot tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan motorik halus anak di TK Al-Bustan Bandar Lampung.Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Al-Bustan Bandar Lampung dengan jumlah 10 orang dengan objek motorik halus. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan sumber data yang terdiri dari observasi dan interview dengan guru, teknik pengumpulan data, wawancara yang di lakukan oleh guru, dokumentasi untuk memberikan bukti yang akurat, serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya mengembangkan motorik halus melalui pemanfaatan media bahan bekas Koran sebagai berikut : 1) Guru memilih desain yang akan digunakan untuk dibuat menjadi sebuah bingkai foto. 2) Guru menyediakan alat dan bahan untuk membuat bentuk menjadi bingkai foto. 3) Guru memberikan pengarahan mengenai tahapan- tahapan dalam proses kegiatan membuat bingkai. 4) Guru melakukan pengawasan dan pengamatan pada kegiatan membuat bingkai foto. 5) Guru memberikan penilaian hasil kegiatan bingkai foto yang sudah selesai. Hal ini menunjukan bahwa lima langkah pedoman guru dalam memanfaat kan bahan bekas Koran ini dapat diterapkan pada anak usia dini dalam mengembangkan motorik halus anak. Pendidik tidak harus menekan tingkat keberhasilan anak melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak karena kemampuan anak berbeda- beda. Kata Kunci : Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Pemanfaatan Media Bahan Bekas Koran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:58
Last Modified: 29 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16185

Actions (login required)

View Item View Item