PENGEMBANGAN MODEL PBC7E-L(PROBLEM BASED CYCLE 7E LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ELIS, SETIAWATI (2021) PENGEMBANGAN MODEL PBC7E-L(PROBLEM BASED CYCLE 7E LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi ELIS SETIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODEL PBC7E-L (PROBLEM BASED CYCLE 7E LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Oleh Elis Setiawati ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model PBC7E-L untukmeningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, mengetahui kelayakan serta efektivitas model PBC7E-L terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam ranah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang mempunyai 5 langkah dalam pengembangannya, meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluate. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Gunung Pelindung Lampung Timur kelas XI IPA. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi perangkat pembelajaran, angket validasi ahli pengembangan model, dan angket tanggapan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBC7E-L baik dan layak digunakan disekolah. Hasil penelitianuntuk nilai uji-t menunjukan hasil taraf signifikansi yang didapat sebesar 0,001 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji-t tersebut menunjukan bahwa hipotesis nol ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBC7E-L efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci :Model Learning Cycle 7E, Model PBL, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:47
Last Modified: 29 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item