ANALISIS PERBEDAAN SUKU PADA INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK PGRI SUMBER DERAS MESUJI OGAN KOMERING ILIR

ULFAH, NOFITASARI (2021) ANALISIS PERBEDAAN SUKU PADA INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK PGRI SUMBER DERAS MESUJI OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ULFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Interaksi sosial menurut Basrowi adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia. Bentuknya tidak hanya bersifat kerjasama, tetapi juga berbentuk tindakan persaingan dan pertikaian. Dalam berinteraksi sosial, cara bersosialisasi anak di ruang lingkup sekolah terdapat beberapa anak yang berbeda- beda sukunya. Oleh karena itu peneliti membahas tentang analisis perbedaan suku pada interaksi sosial anak usia dini di TK PGRI Sumber Deras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan suku pada interaksi sosial anak usia dini, untuk mengetahui kerja sama, bersaing secara sportif, dan berselisih atau bertikai antar anak yang berbeda-beda sukunya di TK PGRI Sumber Deras. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan wali kelas/guru dan anak usia 5-6 tahun di kelas B sejumlah 12 anak yang meliputi 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa dalam berinteraksi sosial anak usia 5-6 tahun di kelas B TK PGRI Sumber Deras sudah dilakukan dengan baik sesuai indikator analisis perbedaan suku pada interaksi sosial anak usia dini. Dalam sub indikator itu sendiri adanya anak yang saling bekerjasama, bersaing, dan berselisih. Hasil persentase penelitian itu menunjukkan bahwa jumlah persertase anak yang belum berkembang 0%, mulai berkembang terdapat 2 anak 17%, berkembang sesuai harapan terdapat 3 anak 25%, dan yang terakhir berkembang sangat baik terdapat 7 anak 58%. Kata Kunci: Interaksi Sosial Anak Usia Dini dan Suku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:03
Last Modified: 29 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16183

Actions (login required)

View Item View Item