PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOWS SHOPPING BERBANTUAN GEOENZO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

DYAN, REVIANTO (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOWS SHOPPING BERBANTUAN GEOENZO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan aktivitas universal dalam kehidupan manusia. Adapun pendidikan juga merupakan kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas yang membutuhkan keterampilan komunikasi matematis pada peserta didik. Komunikasi matematis adalah kemampuan untuk menghubungkan objek nyata, gambar dan diagram dalam bentuk ide-ide matematika, mengungkapkan kejadian sehari-hari dalam sImbol matematika, mendengarkan, mendiskusikan, dan menulis tentang matematika. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Windows Shopping berbantuan GeoEnzo terhadap Pemahaman Konsep Matematika peserta didik 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Minat Belajar terhadap Pemahaman Konsep peserta didik 3) Untuk mengetahui interaksi antara penggunaan model pembelajaran Windows Shopping berbantuan aplikasi GeoEnzo dan minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design).Quasi eksperimental design itu sendiri merupakan bentuk desain eksperimen yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Modern Mts Daarul Ikrom, Kedondong, Kabupaten Pesawaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan angket (kuisioner). Berdasarkan hasil analisis statistik data didapatkan hasil yang sangat signifikan dari penelitian ini antara dan . 1) Pada hipotesis pertama menghasilkan perhitungan dengan anava dua jalan sel tak sama menghasilkan hipotesis yang pertama yaitu terdapat pengaruh antara model Windows Shopping terhadap kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematika, hal tersebut ditunjukan oleh yang artinya H0 ditolak. 2) Pada hipotesis kedua dihasilkan analisis variansi dua jalan sel yang menunjukkan yang tak sama, didapatkan bahwa H0 diterima, yang berarti tidak terdapat ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang memiliki Minat Belajar (Tinggi, Sedang, Rendah) 3) Hipotesis ketiga dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan minat belajar peserta didik terhadap iikemampuan pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil ANOVA dua jalan sel tak sama diperoleh bahwa hasil diterima, ini berate tidak terdapat interaksi antara model pembelajara Windows Shopping dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Windows Shopping, Aplikasi Geoenzo, Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:53
Last Modified: 29 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16181

Actions (login required)

View Item View Item