EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI SMPN 12 BANDAR LAMPUNG

M. Satria, Ibrahim, S.T (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI SMPN 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_M. SATRIA_1711080170.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan bimbingan konseling kelompok adalah suatu langkah untuk membantu individu secara pribadi ataupun kelompok dalam menyelesaikan masalah klien atau peserta didik yang mencakup hubungan secara individual maupun kelompok. Teknik Homeroom teknik yang dilakukan konselor dalam membantu siswa memecahkan masalah-masalah atau mengembangkan potensi siswa dalam suasana yang menyenagkan melalui kegiatan kelompok yang dilakukan dengan suasana yang menyenagkan sehingga timbul rasa nyaman dan terbuka menurut Nursalim Homeroom adalah suatu kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan dalam ruang atau kelas dalam bentuk pertemuan antara konselor atau guru dengan kelompok untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu terutama hal-hal atau masalah-masalah yang berhubungan dengan pelajaran,kegiatan sosial, masalah tata tertib dan moral, cara berpakaian, atau masalah- masalah lain di luar sekolah. Kemandirian belajar merupakan keharusan dalam proses pembelajaran dewasa ini, sejauh pelajaran itu diarahkan kepada hari depan siswa, yang dengan nyata dapat dilihat dalam keluarga dan masyarakat. Jenis penelitian kuantitatif preeksperimental yaitu yang dilakukan dengan pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan sebanyak 10 peserta didik kelas Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimental yaitu yang dilakukan dengan pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan one-group pretest- posttest design. Hasil pretest dan hasil posttest peserta didik kelas VII hasil skor yang didapatkan dari pretest sebesar 84.9 dengan nilai rata-rata atau mean 84.9 dan hasil skor yang didapatkan dariposttest yang telah diperoleh sebesar 2.08.3 dengan hasil jumlah nilairata-rata atau mean 2.08.3 terdapat selisih antara hasil skor pretest dan hasil skor posttest sebesar 2.08.3 dengan nilai rata-rata 2.08.3. Hasil Z Pada penelitian ini diperoleh z hitung -2, 803 < z tabel 1,645, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Kemandirian Belajar iiABSRACT Group counseling guidance service is a step to help individuals individually or in groups in solving client or student problems which include individual and group relationships. Homeroom techniques are techniques used by counselors to help students solve problems or develop students' potential in a pleasant atmosphere through group activities carried out in a pleasant atmosphere so that they feel comfortable and open according to Nursalim Homeroom is a group guidance activity carried out in a room or class. in the form of a meeting between a counselor or teacher with a group to discuss some things that are considered necessary, especially matters or problems related to lessons, social activities, discipline and moral issues, how to dress, or other problems outside of school. Independent learning is a must in today's learning process, as long as the lesson is directed to the students' future, which can be seen in families and communities. The type of quantitative pre-experimental research is that which is carried out by giving certain treatment to the subject concerned by using a one-group pretest-posttest design. The sample used was 10 class students. This type of research is a type of pre- experimental quantitative research that is carried out by giving certain treatments to the subject concerned by using a one-group pretest- posttest design. The results of the pretest and posttest results of class VII students the score obtained from the pretest is 84.9 with an average value or mean of 84.9 and the score obtained from the posttest that has been obtained is 2.08.3 with the result that the total average value or mean is 2.08.3. the difference between the results of the pretest score and the results of the posttest score is 2.08.3 with an average value of 2.08.3 Group Guidance, Homeroom Techniques, Keywords: Independent Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:50
Last Modified: 28 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item