METODE PENDIDIKAN ISLAM KHALIFAH ABU BAKAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Muhammad, Paliyan Kurniawan (2021) METODE PENDIDIKAN ISLAM KHALIFAH ABU BAKAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Muhammad Paliyan Kurniawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengangkat metode pendidikan agama Islam khalifah Abu Bakar dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Ada dua masalah yang diangkat dalam penelitian Skripsi ini,yaitu bagaimana metode pendidikan agama Islam khalifah Abu Bakar dan bagaimana relevansinya di zaman kontemporer? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap metode pendidikan agama Islam yang dikenalkan Abu Bakar dan relevansinya di zaman kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan (library research). Metode ini terfokus pada studi kepustakaan tentang pemikiran dan bagaimana pemikiran tersebut dikembangkan dan ditransformasikan sehingga menghasilkan suatu pengembangan yang jauh ke depan. Metode ini lebih menekankan argumentasi penalaran keilmuan yang memaparkan hasil kajian pustaka dan analisis peneliti mengenai suatu masalah atau topik kajian. Penelitian ini berisi satu topik yang di dalamnya memuat beberapa gagasan atau proposisi yang berkaitan dan harus didukung oleh data yang diperoleh dari sumber pustaka. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan khalifah Abu Bakar dalam pendidikan Islam ada enam, yaitu metode penanaman akhlak, metode pemberian nasehat, metode keteladanan dan metode pembiasaan, metode klarifikasi nilai, dan metode musyawarah. Melalui metode keteladanan dan pembiasaan, maka pembelajaran akan lebih efektif dan mudah ditiru oleh peserta didik. Ini yang dilakukan Abu Bakar kepada para pengikutnya. Ia tidak banyak berseru dan berceramah, melainkan memperlihatkan contoh nyata melalui perbuatan sehingga para pengikutnya meniru dan mengikuti teladannya. Bahasa tubuh, tingkah laku atau keteladanan memberi kesan lebih kuat dan lebih efektif daripada bahasa mulut atau bahasa verbal. Melalui tingkah laku dan keteladanan dapat memikat dan menimbulkan simpati bagi orang lain dan pada gilirannya dapat mengubah periklaku orang lain juga. Oleh karena itu, metode keteladanan, pembiasaan dan penanaman nilai yang dilakukan Abu Bakar as-Siddiq masih kontekstual dan relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah atau madrasah di zaman kontemporer ini. Kata kunci: Metode Pendidikan Islam, Abu Bakar As-Siddiq, relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:40
Last Modified: 28 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item View Item