MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MIN 12 BANDAR LAMPUNG

RAHMA, PUTRI ILAHI (2021) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MIN 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (804kB)
[thumbnail of skripsi FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah akan sangat bergantung pada kegiatan manajemennya, dalam manajemen peserta didik Di MIN 12 Bandar Lampung sudah terlaksana, namun ada beberapa yang masih mengalami permasalahan yaitu pada rekrutmen peserta didik masih ada orang tua wali murid yang telat mendaftarkan anak nya, pada pembinaan dan pengembangan peserta didik terlebih saat pandemi seperti ini pembelajaran menjadi kurang efektif, serta media pembelajaran dan bahan ajar yang kurang memadai, pembelajaran dari yang monoton juga membuat siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Manajemen peserta didik adalah proses usaha yang direncanakan secara sengaja guna memusatkan layanan perhatian pengaturan terhadap seluruh peserta didik dari awal masuk hingga lulus dari suatu jenjang pendidikan (sekolah). Dalam pelaksanaanya manajemen peserta didik terdapat 8 indikator pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik diantaranya Analisis kebutuhan peserta didik, Rekruitmen peserta didik, Seleksi peserta didik, Orientasi peserta didik, Penempatan peserta didik, Pembinaan dan pengembangan peserta didik, Pencatatan dan pelaporan peserta didik serta, Kelulusan dan Alumni. Pada penelitian ini penulis memfokuskan 6 indikator pelaksanaan manajemen peserta didik yaitu Analisis kebutuhan peserta didik, Rekruitmen peserta didik, Seleksi peserta didik, Pembinaan dan pengembangan peserta didik, Pencatatan dan pelaporan peserta didik serta, Kelulusan dan Alumni. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif adapun subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Kesiswaan, TU, Operator Sekolah, Guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian Manajemen Peserta Didik Di MIN 12 Bandar Lampung yaitu 1). Analisis kebutuan dengan cara rapat pertemuan kepala sekolah dengan seluruh dewan guru beserta staf MIN 12 Bandar Lampung membahas kuota siswa yang akan diteri, jalur PPDB, sasaran dan cara penginformasian PPDB, syarat PPDB serta pembentukan panitia PPDB. 2) Rekrutmen peserta didik dilakukan dengan mengadakan rapat lanjutan untuk mematangkan teknis PPDB, pembuatan twibbon dan pemasangan banner, penyebaran informasi, PPDB, seleksi, penerimaan dan pengumuman. Namun pada saat PPDB ditutup masih ditemukan orang tua wali murid yang ketinggalan informasi sehingga telah mendaftarkan anak nya 3) Seleksi calon peserta didik baru dilakukan dengan yang utama dari umur calon peserta didik harus 6 tahun dan sebagai bahan pertimbangan adanya syarat lainya seperti akte, KTP orang tua, KK, Pas Foto dan sebelumnya pernah paud atau tk, setelah seleksi berkas diadakan observasi keadaan calon peserta didik. 4) Pembinaan dan pengembangan peserta didik dilakukan dengan mengadakan kegiatan kulikuler dan ekstra kulikuler kegiatan kulikuler pembelajaran secara daring menggunakan grub WA dengan mendia pembelajaran buku yang dipinjamkan dari sekolah, dengan cara pembelajaran daring yang bisa dibilang cukup lama serta media pembelajaran yang kurang memadai membuat sebagian siswa merasa junuh dalam belajar. Kegiaatan ektraskulikuler wajib seperti pramukapun juga terhambat, kegiatan ekstra kulikuler dilakukan dengan menerapkan dasar darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari saja. 5) pencatatan dana pelaporan dilakukan dengan mencatat data siswa di buku induk peserta didik, pada saat pembelajaran di siswa yang hadir di catat di buku hadir, nilai siswa tercatat dibuku nilai, data siswa juga sudah terinput serta tercatat di Education Management Information Sytem (EMIS). Pencatatn dan pelaporan siswa juga dicatat dibuku laport dan dilaporkan ke orang tua wali murid 1 tahun 2 kali. 6) kelulusan dan alumni, ujian UN dialihkan dengan Ujian Madrasah (UM) dengan di bentuk nya pnitian UM, syarat kelulusan niali tidak boleh kurang dai 6, tidak ada masalah di sekolah, mengikuti seluruh ujian. Alumni berkomunikasi melalui grub WA perangkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen peserta didik sangat penting bagi lembaga pendidikan. Manajemen peserta didik yang baik akan melahirkan lulusan atau output yang baik, output yang baik akan berdampak baik juga bagi lembaga pendidikan, sedangkan lembaga pendidikan yang baik akan menarik minat para orang tua untuk mempercayai anak nya menempuh pendidikan di lembaga pendidikan itu. Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:26
Last Modified: 28 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item