MODUL BERBASIS ETHNOMATEMATIKA DENGAN MOTIF TAPIS LAMPUNG PADA MATERI GEOMETRIBIDANG DATAR

Misna, Aini (2021) MODUL BERBASIS ETHNOMATEMATIKA DENGAN MOTIF TAPIS LAMPUNG PADA MATERI GEOMETRIBIDANG DATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MISNA AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep matematika digunakan untuk mengeksplorasi keberadaan matematika dalam budaya khususnya pada seni salah satunya motif pada kain tapis Lampung. Pembelajaran yang menarik sudah seharusnya diterapkan, namun hal ini masih menjadi kesulitan bagi pendidik sebab kurangnya kelengkapan perangkat pembelajaran yang dimiliki pendidik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul berbasis ethnomatematika pada materi geometri bidang datar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ADDIE dengan 5 tahapan. Tahapan pada model ADDIE yaitu, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuisioner. Validasi dilaukukan oleh tiga ahli materi yaitu 2 dosen pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung serta satu pendidik MTs Raudlatul Ulum dan tiga ahli media terdiri dari 2 dosen pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung serta satu pendidik MTs Raudlatul Ulum. Berdasarkan hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,51 dengan kriteria “valid” dan ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,45 dengan kriteria “valid”. Adapun hasil penelitian respon peserta didik dengan uji skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 3,38 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji skala besar diperoleh rata-rata sebesar 3,53 dengan kriteria “sangat menarik”. Tingkat keefektifan penggunaan Modul Berbasis Ethnomatematika tidak dapat dilakukan karena adanya wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Berdasarkan data di atas bahwa Modul Berbasis Ethnomatematika yang dikembangkan dikategorikan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul, Ethnomatematika, Geometri Bidang Datar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:09
Last Modified: 28 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item