KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MA PLUS WALISONGO LAMPUNG UTARA

Ista, Riki Yana (2021) KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MA PLUS WALISONGO LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISTA RIKI YANA 6.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini ingin mengetahui dan mengungkapkan kinerja kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA Plus Walisongo Lampung Utara. Kinerja kelapa madrasah merupakan unsur penting dan vital bagi pencapaian tujuan madrasah sebagai representasi tujuan pendidikan. Kepala madrasah adalah seseorang yang harus mampu memberikan pengaruh dan meyakinkan peserta didik dalam menjalankan pendidikan terutama dalam hal kedisiplinan peserta didik Kinerja kepala madrasah yaitu harus sesuai dalam melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin. Dan untuk mengetahui bahwa kinerja kepala madrasah sudah terlaksana dengan baik yaitu dengan mengukur Input (kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melakukan pekerjaannya. Komitmen tersebut merupakan refleksi dari kompetensi kepribadian dan kompetensi social kepala madrasah), Proses (melaksanakan tugas terhadap prosedur pelaksanaan pekerjaan. Orientasi pada perilaku kepala madrasah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan tanggung jawabnya, yakni melaksanakan fungsi manajerial dan fungsi supervisi sekolah yang dipimpinnya), Output (Hasil dari pekerjaan yang dicapai dari pelaksanaan tugas, fungsi, dan tanggung jawabnya). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA Plus Walisongo Lampung Utara telah terlaksana dengan baik, khususnya dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data di preoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan BK dan Peserta didik adalah sebagai subjek penelitian. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian ini dapat diketahui keberhasilan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisplinan peserta didik yang ada di MA Plus Walisongo Lampung Utara. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MA Plus Walisongo Lampung Utara sudah memberikan masukan, arahan, motivasi dan telah memberikan kebijakan sesuai dengan prosedur-prosedur yang ada. Kata Kunci :Kinerja Kepala Madrasah, Kedisiplinan Peserta Didik iiiKeywords: Performance of Madrasah Principals, Student Discipline ABSTRACT This study wanted to find out and reveal the performance of the madrasa principal in improving student discipline at MA Plus Walisongo, North Lampung. Madrasah coconut performance is an important and vital element for achieving madrasah goals as a representation of educational goals. The head of the madrasa is someone who must be able to influence and convince students in carrying out education, especially in terms of student discipline. And to find out that the performance of the madrasah principal has been carried out well, namely by measuring the input (ability or competence possessed in carrying out his work. This commitment is a reflection of the personality competence and social competence of the madrasa head), process (carrying out the task of the work implementation procedure. Orientation to the behavior of the head of the madrasa in carrying out the main duties of the functions and responsibilities, namely carrying out the managerial and supervisory functions of the school he leads), Output (The results of the work achieved from the implementation of the duties, functions, and responsibilities). The purpose of this study was to determine whether the performance of the madrasa principal in improving student discipline at MA Plus Walisongo North Lampung has been carried out well, especially in improving student discipline. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection methods were obtained by using observation, interviews and documentation. In this study the Head of Madrasah, Deputy Head of Curriculum, and BK and Students are the research subjects. The collected data is then analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The data from this research can be seen the success of the madrasa principal in improving the discipline of students in MA Plus Walisongo, North Lampung. Based on the research that has been done, the conclusion of this study shows that the Performance of the Head of Madrasah in Improving Student Discipline at MA Plus Walisongo North Lampung has provided input, direction, motivation and has provided policies in accordance with existing pr

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:00
Last Modified: 28 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16170

Actions (login required)

View Item View Item