EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK LIVE MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MALAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TERUSAN NUNYAI

NURDIANA, Siswoyo (2021) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK LIVE MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MALAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TERUSAN NUNYAI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NURDIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku malas belajar siswa SMP Negeri 3 Terusan Nunyai dengan menggunakan layanan konseling individu dengan teknik live modelling. Berdasarkan data pra penelitian diperoleh hasil bahwa peserta didik mengalami kecenderungan perilaku malas belajar. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan adalah A – B, populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII di sekolah ini. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa kelas VIII perilaku malas belajar dalam kategori tinggi. Alat instrumentasi menggunakan instrument tally. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan perilaku malas belajar subjek pada saat fase baseline (A) dan intervensi (B) mengalami perbedaan. Pada saat baseline (A) skor mencapai angka hingga 27,5. Sedangkan pada fase intervensi (B), pada pertemuan keempat perilaku malas belajar subjek mengalami penurunan hingga 11. Overlape A-B yakni dari 33,33% hingga mengalami penurunan yakni 16,66%. Sehingga pada fase baseline (A) dalam kategori tinggi dan setelah diberikan intervensi (B) mengalami penurunan hingga kategori rendah. Kata kunci: Konseling Individu, Teknik live modeling, Perilaku Malas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:48
Last Modified: 28 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item