TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SEWA MENYEWA SAFE DEPOSIT BOXPADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Studi di BRI Cabang Raden Intan Bandar Lampung)

ALYA, PUTRI YASQOFA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SEWA MENYEWA SAFE DEPOSIT BOXPADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Studi di BRI Cabang Raden Intan Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Islam Tentang Perjanjian Sewa MenyewaSafedeposoit BoxPada PT. Bank Rakyat Indonesia studi di BRI Cabang Raden Intan”. BRI Cabang Raden Intan memiliki fasilitas produk pelayanan jasa penyimpanan barang dalam bentuk safe deposit box yang disewakan dengan perjanjian sewa menyewa. Safe deposit box adalah kotak sebagai tempat penyimpanan barang barang berharga atau dokumen milik nasabah. Adapun yang jadi permasalahan dari judul dimaksud adalah, bagaimana ketentuan sewa menyewa safe deposit box pada BRI dan bagaimana pandangan Hukum Islam atas ketentuan sewa menyewa safe deposit boxpada BRI Cabang Raden Intan Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian field research dan metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan deskriptif analisis, yaitu setelah semua data telah berhasil penulis kumpulkan, maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ketentuan sewa menyewa safe deposit box pada BRI Cabang Raden Intan Bandar Lampung memuat kewajiban dan hak antara Bank dan nasabah penyewa secara berimbang (adil). Oleh karenanya dalam pandangan hukum Islam dapat dibenarkan dan hukumnya boleh (mubah)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16162

Actions (login required)

View Item View Item