IDENTIFIKASI KANDUNGAN LOGAM BERAT PADA KERANG DARA (Anadara granosa) DI SUNGAI BURUNG KECAMATAN DENTE TELADAS KABUPATEN TULANG BAWANG

Fiki, Vianti (2021) IDENTIFIKASI KANDUNGAN LOGAM BERAT PADA KERANG DARA (Anadara granosa) DI SUNGAI BURUNG KECAMATAN DENTE TELADAS KABUPATEN TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIKI VIANTI_1711060186.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kerang Dara (Anadara granosa) merupakan hewan moluska (binatang lunak) yang memiliki dua buah cangkang (bivalvia). Salah satu kerang yang banyak di temukan di perairan Indonesia dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Spesies ini bersifat filter feeder dan tampaknya begitu berguna dalam memberikan indikasi beban polutan sedimen di lingkungan tropis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan logam berat apa yang terdapat pada kerang dara (Anadara granosa) berdasarkan identifikasi kandungan logam berat didaerah sungai burung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Paramenter yang diamati adalah timbal, kadmium, dan chromium. Penelitian ini menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom (AAS) dengan menggunakan 1 perlakuan dan dua tempat yang berbeda. Penelitian ini menggunakan kerang dara 1 kg yang diteliti di Laboratorium Analisis Politeknik Negeri Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan logam berat yang terkandung dalam kerang dara yang berada di Sungai Burung terdapat 3 jenis, yaitu: Timbal (Pb) pada stasiun I berjumlah 53% lebih besar dari stasiusn II , Kromium (Cr) 66% lebih besar dari stasiun II dan Kodmium (Cd) 72% lebih besar dari stasiun II. Konsentrasi logam berat yang terkandung dalam kerang dara yang jaraknya dekat dengan rumah lebih besar jika dibandingkan dengan konsentrasi logam berat kerang dara yang jaraknya jauh dari rumah. Aktivitas masyarakat disekitar Sungai Burung amat sangat mempengaruhi kandungan logam berat pada kerang dara. Kata kunci: Kerang dara (Anadara granosa), Timbal, Kadmium, Chromium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:27
Last Modified: 28 Oct 2021 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item