PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA SUKOHARUM KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU

Nur, Hamid (2021) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA SUKOHARUM KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NURHAMID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2 nURHAMID.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA SUKOHARUM KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU Oleh : Nur Hamid Desa merupakan pusat dari kegiatan perekonomian bangsa. Oleh sebab itu, pemberdayaan di mulai dari tahap bawah yaitu desa. Pemerintah saaat ini mulai mengedepankan pembangunan desa dengan memberikan dana desa yang cukup besar guna untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut sudah masuk dalam UU yang khusus mengatur pembangunan Desa. Desa memiliki potensi yang sangat baik untuk kesejahteraan bangsa, sehingga hal tersebut perlu di mobilisasi agar potensi yang dimiliki dapat di rasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat. Hadirnya BUMDes merupakan implementasi UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat melalui mobilisasi potensi desa yang dibentuk langsung sesuai dengan inisiatif masyarakat. Sehubungan hal di atas, permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BUMDes di Desa Sukoharum Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BUMDes di Desa Sukoharum Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu yang di lalui dengan beberapa tahap yaitu Tahap penyadaran,Tahap pengembngan kapasitas /ktrampilan,Tahap penguatan modal usaha,thap produksi,Fasilitasi pemasaran, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan beberapa penemuan data yang dirumuskan dalam bentuk kata-kata Penulis mengambil data sampel dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang penulis berikan maka sampel berjumlah 10 orang. Alat yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pengelolaan BUMDes dalam upaya mengembangkan ekonomi masyarakat dilakukan melalui di buka beberapa unit usaha yang jug merupakan sebuah kebutuhan mutlak masyarakat, yaitu pengelolaan pasar, pengelolaan unit usaha produktif rumah tangga dan unit jasa lainnya. Beberapa unit tersebut membuka kesempatan masyarakat untuk mendapat pekerjaan baru Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa dengan adanya upaya BUMDes dalam meberdayaakan masyarakat Sukoharum diharapkan mampu menjadi strategi yang efektif dalam memobilisasi potensi yang dimiliki desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan adanya BUMDes menjadi sebagai upaya untuk mengalokasikan dana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:33
Last Modified: 27 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item View Item