Adellia, Ayu Paramitha (2021) ANALISIS KELAYAKAN PENYAJIAN BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP/MTs K13. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (376kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu faktor yang dapat meningkatkan mutu pendidikan yaitu bahan ajar yang sudah sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Salah satu bahan ajar yang penting dalam proses pembelajaran yaitu buku teks. Buku teks yang digunakan dalam proses pembelajaran harus memenuhi standar kelayakan agar dapat menunjang mutu pendidikan. Buku teks dikatakan layak apabila telah memenuhi standar BSNP. Di masa saat ini masih ada buku teks yang ditemukan tidak sesuai dengan BSNP, seperti tidak adanya sumber dari hadits yang dicantumkan dalam buku teks tersebut. Oleh karena itu atas masalah tersebut peneliti akan menganalisis kelayakan penyajian dari aspek teknik penyajian, penyajian pembelajaran, dan kelengkapan penyajian dari buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP/MTs k13. Peneliti menganalisis kelayakan tiga buku tersebut berdasarkan ketetapan standar BSNP dan menggunakan penelitian library research. Penelitian menggunakan teknik studi dokumentasi, yaitu pengumpulan data dan informasi dari perpustakaan berupa buku referensi, artikel, atau jurnal terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Setelah dianalisis ini hasilnya bahwa buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP/MTs k13 edisi revisi terbitan Erlangga pada indikator kelengkapan penyajian terakit bagian penyudah belum memenuhi indikator karena tidak memiliki indeks subjek dan daftar istilah. Kemudian, buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP/MTs k13 edisi revisi 2016 terbitan Yudhistira juga pada indikator kelenhkapan penyajian terakait bagian penyudah belum memenuhi indikator karena tidak dilengkapi dengan indeks subjek dan daftar istilah . Dalam buku teks terbitan Yudhistira terdapat juga hadits yang tidak disertai riwayatnya dan terdapatnya kesalahan dalam penulisan nomor surah al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 02:35 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:35 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16148 |
Actions (login required)
View Item |