MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM DESA SUMBER GEDE KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Noviana, Feriyanti (2021) MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM DESA SUMBER GEDE KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1,2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Peran besar pondok pesantren tidak terlepas dari fugsi tradisionalnya yaitu sebagai trasmisi dan transfer-transfer ilmu Islam dan menjaga tradisi Islam. Oleh sebab itu, pembinaan akhlak merupakan salah satu pondasi yang vital dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, Pondok Pesantren Darul Ulum memiliki santri dengan latar belakang dan kondisi yang beraneka ragam sehingga banyak menimbulkan masalah salah satunya akhlak santri yang menyimpang antara lain mencuri, merokok, suka berkelahi, dan melanggar peraturan yang ada seperti membawa HP, sering keluar pondok tanpa izin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pembinaan akhlak santri dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Sekampung Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Sampel pada penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih berdasarkan karakteristik yang diambil menggunakan purposive sample. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, guna memperoleh data terkait Manajemen Pembinaan Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum terkait dengan fungsi manajemen yaitu ; Planning (Perencanaan) yaitu melakukan penyusunan metode pembinaan dan program jangka pendek serta jangka panjang, Organizing (Pengorganisasain) yaitu melakukan pembagian kerja yang tepat sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing pengurus, Actuating (Pelaksanaan) yaitu pelaksanaan metode-metode pembinaan, pemberian motivasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan santri dan Controling (Pengawasan) yaitu dengan melihat langsung perkembangan program yang telah terlaksana. Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak santri yaitu Metode pembinaan akhlak dalam pondok pesantren Darul ‘Ulum yaitu meliputi pembinaan melalui tata tertib, nasehat, peringatan hari besar Islam, latihan dan pembiasaan diri, kedisiplinan, kegiatan keagamaan, pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kata Kunci : Manajemen, Pembinaan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:55
Last Modified: 26 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item View Item