MANFAAT MUHADHARAH DALAM PENGUASAAN RETORIKA DAKWAH SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK, KECAMATAN BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA

AYU, SELVIA (2021) MANFAAT MUHADHARAH DALAM PENGUASAAN RETORIKA DAKWAH SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK, KECAMATAN BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Retorika dakwah sangat diperlukan oleh setiap orang agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Retorika dakwah juga diperlukan untuk menunjang profesi seseorang, khususnya seorang da’i. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Mubarok melalui kegiatan muhadharah berupaya meningkatkan penguasaan retorika dakwah bagi santrinya. Karena santri adalah calon da’i yang nantinya akan mengemban tugas untuk menyampaikan ajaran islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari muhadharah dalam penguasaan retorika dakwah para santri dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah Ustadz dan santri kelas 3 aliyah yang terdapat di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kecamatan Bukit Kemuning Lampung Utara berjumlah 12 orang. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Al-Mubarok dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan muhadharah adalah wawasan santri lebih terbuka, santri dapat mengolah kata dengan baik, santri lebih percaya diri, mental santri lebih berani untuk berbicara di depan umum. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penguasaan retorika dakwah yang dilakukan para santri di pondok pesantren al-mubarok kecamatan bukit kemuning kabupaten lampung utara sudah cukup baik. Adapun saran yang diberikan penulis terhadap pengurus pondok pesantren agar kiranya dapat menghadiri serta memberikan kritik dan saran pada setiap acara kegiatan muhadharah disetiap minggunya, agar para santri lebih fokus dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:18
Last Modified: 26 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item