SANDY, SUSILOWATI (2021) EFEKTIVITAS SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya perilaku prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada saat kegiatan pembelajaran daring, seperti banyaknya peserta didik yang menunda menyelesaikan tugas yang diberikan, adanya keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, adanya kesenjagan waktu antara rencana serta kinerja aktual, dan pserta didik lebih mementingkan kegiatan lain yang lebih menyenangkan daripada menyelesaikan tugas yang pada awalnya hal tersebut jarang terjadi sehingga perlu adanya upaya untuk menurunkan perilaku prokrastinasi tersebut dengan pemberian layanan bimbingan dan konseling menggunakan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC). Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) bertujuan untuk membantu peserta didik dalam penyelesaian masalah dengan mencari solusi secara cepat dan tepat dalam mengatasi masalah-maslah yang ada guna mencapai perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket prokrastinasi akademik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 sejumlah 10 peserta didik. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan Purposive Sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan bantuan aplikasi software SPSS Statistic 18 for windows. Hasil perhitungan rata-rata mean pretest dan posttest terdapat penurunan sebelum dan sesudah pemberian layanan. Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test dengan bantuan aplikasi SPSS Statistic 18 for windows menunjukkan bahwa nilai (2-tailed) sebesar 0,001 sedangkan taraf (2-tailed) kurang dari 0.05. Karena nilai 0.001 < 0.05 maka H ditolak dan H diterima, artinya terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan layanan konseling dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) efektif dalam menurunkan Prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Solution Focused Brief Counseling (SFBC) iiABSTRACT The problem in this study is the high academic procrastination behavior of students at SMA Negeri 9 Bandar Lampung during online learning activities, such as the number of students who delay completing the assigned task, the delay in collecting assignments, the time gap between the plan and actual performance, and students are more concerned with other activities that are more fun than completing tasks which at first rarely occur, so efforts are needed to reduce procrastination behavior by providing guidance and counseling services using the Solution Focused Brief Counseling (SFBC) approach. The Solution Focused Brief Counseling (SFBC) approach aims to assist students in solving problems by finding solutions quickly and precisely in overcoming existing problems in order to achieve behavior change for the better. The type of this research is Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design research using a quantitative approach. This study uses a data collection tool in the form of an academic procrastination questionnaire. The subjects used in this study were 10 students of class XI IPS 1 with a total of 10 students. Sampling in this study used non-probability sampling with purposive sampling. The data collected was analyzed using the SPSS Statistics 18 software application for windows. The results of the calculation of the mean pretest and posttest mean there is a decrease before and after service delivery. Based on the results of the independent sample t-test with the help of the SPSS Statistic 18 application for windows, it shows that the value of Sig. (2-tailed) of 0.001 while the level of . (2-tailed) is less than 0.05. Because the value is 0.001 < 0.05, Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant difference in value between the experimental group and the control group, so it can be concluded that counseling services with the Solution Focused Brief Counseling (SFBC) approach are effective in reducing student academic procrastination at SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Keywords: Academic Procrastination, Solution Focused Brief Counseling (SFBC)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 05:53 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16143 |
Actions (login required)
View Item |