KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH

GAMA, SETYAZI (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI GAMMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of perpus pusat bab i dan 5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH Pendidikan akhlak tidak bisa dipisahkan dari ruang lingkup pendidikan Islam. Sebab, pendidikan akhlak yang tujuan untuk mencapai akhlak yang sempurna merupakan puncak dari tujuan pelaksanaan pendidikan Islam itu sendiri. Dengan kata lain, seorang muslim tidak dapat dikatakan sempurna agamanya bila akhlak dalam kehidupannya tidak mencerminkan akhlak yang baik. Pendidikan akhlak adalah upaya sadar dan terencana untuk menanam nilai-nilai akhlak yang di internalisasikan ke dalam pribadi peserta didik sehingga diharapkan akan terbentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Imam Al-Ghazali adalah seseorang yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu dibidang keagamaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah?” Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan artinya, permasalahan dan pengumpulan data berasal dari kajian kepustakaan. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis isi (content anaylisis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali terkait dengan konsep pendidikan akhlah dalam kitab Bidayatul Hidayah terbagi atas dua yakni aspek ketaatan kepada Allah dan aspek meninggalkan kemaksiatan atau hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt. Dan dalam penelitian ini peneliti menemukan metode pendidikan akhlak yakni metode targhib dan tarhib, pembiasan diri, dialog, nasehat, kisah, dan perumpamaan. Kata Kunci :Konsep Pendidikan Akhlak, Imam Al-Gazali, Kitab Bidayatul Hidayah ii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:56
Last Modified: 26 Oct 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16132

Actions (login required)

View Item View Item