PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Vivi, Capitri (2021) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 dan 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SIAP CETAK.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang pemimpin madrasah memiliki peran untuk mewujudkan kualitas madrasah. Lembaga ini membutuhkan pemimpin yang memiliki kemampuan dalam memimpin. Penggerak utama adalah tokoh dan inspirasi dalam merancang dan mengerjakan kegiatan madrasah. Pemimpin bukan hanya seorang manajer, tetapi harus menjadi pembangun mental, moral semangat untuk jajaran bawahannya.Berdasarkan hasil prasurvey di MIN 5 Bandar Lampung, bahwa ada beberapa indikator yang dilaksanakan yaitu: Mempengaruhi, Mengarahkan, Memotivasi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mempengaruhi, bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mengarahkan, bagaimana peran kepemimpinan kepala madarsah dalam memotivasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mempengaruhi, peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mengarahkan, peran kepemimpinan kepala madrasah dalam memotivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian dilakukan di MIN 5 Bandar Lampung.Sumber data dari penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan carareduksi data, penyajian data, dan verification.Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mempengaruhi yaitu memberikan contoh yang baik terlebih dahulu kepada bawahan, bersifat terbuka terhadap permasalahan bawahan, menciptakan iklim kerja yang nyaman bagi bawahan, melakukan pendektan secara langsung, menunjukkan perilaku teladan sebagai contoh warga madrasah, peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mengarahkan yaitu, memberikan bimbingan, menuntun atau mengajak para guru didalam menyiapkan perangkat pembelajaran, memberikan perintah dan tanggung jawab pada suatu program madrasah ssebagai suatu bentuk pengarahan dalam rangka mencapai tujuan bersama. Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam memotivasi yaitu, mendorong semua orang dalam lembaganya untuk berani melakukan inovasi-inovasi agar dapat bekerja secara maksimal, mendorong para guru dan staff untuk menjalankan tugas dan fungsinya telah terlaksana dengan baik sesuai dengan ranahnya, memberikan kesempatan mengembangkan potensi bagi peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan hal-hal sebagai berikut: (a) kepala madrasah lebih meningkatkan pelaksanaan kepemimpinannya, (b) kepala madrasah diharapkan mempertahankan peran kepemimpinanya dalam mempengaruhi, mengarahkan dan memotivasi guru dan staff. Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Peraniii ABSTRACT A madrasa leader has a role to realize the quality of madrasas. This institution needs leaders who have the ability to lead. The main movers are figures and inspiration in designing and working on madrasa activities. The leader was not only a manager, but must be a mental builder, morale spirit for his subordinates. The formulation of the problem in this study were: How was the leadership role of the madrasa head in influencing, how was the leadership role of the madrasa head in directing, how was the leadership role of the madrasa head in motivating. in directing, the leadership role of the madrasa principal in motivating. This study uses a qualitative research approach, the research was conducted at MIN 5 Bandar Lampung. The data sources of the research were obtained from interview, observation, documentation techniques. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, and verification. While the data validity technique used source triangulation. The results showed that the leadership role of the madrasah principal in influencing was to set a good example first to subordinates, be open to subordinates' problems, create a comfortable work climate for subordinates, take a direct approach, show exemplary behavior as an example for madrasah citizens, the leadership role of the madrasah principal in directing, namely, providing guidance, guiding or inviting teachers in preparing learning tools, giving orders and responsibilities in a madrasa program as a form of direction in order to achieve common goals. The leadership role of the madrasa principal in motivating, namely, encouraging everyone in his institution to dare to make innovations so that they can work optimally, encouraging teachers and staff to carry out their duties and functions well in accordance with their fields, providing opportunities to develop potential for students. This study recommends the following: (a) madrasah principals further improve their leadership practices, (b) madrasah principals were expected to maintain their leadership role in influencing, directing and motivating teachers and staff. Keywords: Leadership, Head of Madrasah,Role

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:27
Last Modified: 26 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item View Item