IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

ANI, IRMAYANTI (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PEPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANI IRMAYANTI_1711030074.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen tenaga kependidikan adalah kegiatan mengelola personal pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai tugas dan fungsinya agar berjalan dengan efektif.. Terutama dalam mengembangkan tenaga kependidikan agar memenuhi standar kompetensi tenaga kependidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarkan hasil prasurvey di MIN 5 Bandar Lampung, bahwa ada beberapa indikator yang tidak dilaksanakan yaitu: pengadaan pegawai, pembinaan untuk jenjang karir, dan penilaian pengembangan karir. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah bagaimana Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan dalam hal Perencanaan, Pengadaan, Pembinaan, Penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen tenaga kependidikan di MIN 5 Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah kepala sekolah. Tata usaha, wakil kepala sekolah Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain observasi, wawancara, pengumpulan dokumentasi, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada tenaga kependidikan akan pentingnya manajemen tenaga kependidikan untuk menghasilkan tenaga yang profesional. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi manajemen tenaga kepedendidikan dalam proses untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional adalah: (a) perencanaan pegawai, (b) pengadaan pegawai, (c) pembinaan pegawai, (d) penilaian pegawai. dan belum sepenuhnya memenuhi standar kualifikasi akademik yang sesuai dengan standar kompetensi akademik terutama tenaga kependidikan, kurangnya memiliki ketelitian, kedisiplinan, kreatif, dan inovatif masih tidak lengkapnya antara guru dan tenaga kependidikan di bidang nya masing-masing dan belum terkontribusi dalam pembinaan staff atau pegawai. Kata Kunci : Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan iiABSTRACT Management of education personnel is the activity of managing educational personnel in carrying out tasks according to their duties and functions so that they can run effectively. Especially in developing educational staff to meet the competency standards of education personnel that have been set by the government. Based on the results of the pre-survey at MIN 5 Bandar Lampung, there were several indicators that were not implemented, namely: employee procurement, career development guidance, and career development assessment. Thus the formulation of the problem that the authors put forward is how the Implementation of Education Personnel Management in terms of Planning, Procurement, Coaching, Assessment. This study aims to find out how the implementation of education staff management at MIN 5 Bandar Lampung This study uses a descriptive analysis method with a qualitative approach. The subject of this research is the school principal. Administration, vice principal Data collection is done in various ways, including observation, interviews, collection of documentation, related to the object under study. Then analyzed using qualitative descriptive analysis. The results of this study are expected to be able to provide knowledge to educational staff on the importance of management of education personnel to produce professional personnel. The results of the study show that: The implementation of education staff management in the process to produce professional education personnel are: (a) employee planning, (b) staff procurement, (c) employee development, (d) employee appraisal. and have not fully met the standards of academic qualifications in accordance with the standards of academic competence, especially educational staff, lack of thoroughness, discipline, creativity, and innovation are still incomplete between teachers and education personnel in their respective fields and have not contributed to the development of staff or employees. Keywords: Implementation of Education Personnel Management

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:33
Last Modified: 25 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16118

Actions (login required)

View Item View Item