PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONAL GURU DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/ 2021

ULFASARI, Buhiman (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONAL GURU DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ULFASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kepemimpinan kepala madrasah yang dapat diartikan sebagai cara atau usaha kepala madrasah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak terkait untuk bekerja atau berperan guna mencapai tujuan yang ditetapkan. Profesional guru adalah tuntutan sikap dan komitmen, pengetahuan, ketrampilan yang harus dimiliki oleh guru profesional, memegang kode etik profesinya, ikut serta di dalam mengkomunikasikan usaha pengembangan dan bekerja sama dengan profesi lainnya dan di tuntut dapat melaksanakan tugas profesi dengan penuh tanggung jawab dan kesetiaan pada pekerjaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap profesional guru di MIN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/ 2021. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi yang digunakan peneliti yakni 29 orang guru, dengan menggunakan sampel populasi yakni dengan menggunakan semua populasi yang ada di MIN 9 Bandar Lampung. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari person. Sedangkan uji reliabelitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan bantuan SPSS 20. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas dan homogenitas. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrsah terhadap profesional guru di MIN 9 Bandar Lampung, dengan demikian dapat dilihat dari Fhitung = 10,794 sedangkan Ftabel 4,21 dengan nilai signifikansinya (sig) 0,003 < 0,05. Adapun kriteria H0 ditolak jika Fhitung > Ftabel dengan 0,05 (5%) dengan nilai 10,794 > 4,21. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah MIN 9 Bandar Lampung berpengaruh terhadap Profesional Guru sebesar 28,6% dan sisanya sebesar 71,4% disebabkan oleh faktor/ variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti motivasi, kompetensi guru. Budaya organisasi (iklim organisasi), kepuasan dan lain sebagainya. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Profesional Guru iiiABSTRACT The background of this research is the leadership of the madrasah principal which can be interpreted as a way or effort of the madrasah principal in influencing, encouraging, guiding, directing and moving teachers, staff, students, parents and related parties to work or play a role in achieving the goals set. Professional teachers are demands for attitudes and commitments, knowledge, skills that must be possessed by professional teachers, hold their proffesional code of ethics, participate in communicating development efforts and cooperate with other professions and are required to carry out professional duties with full responsibility and loyalty to the job. This study aims to determine the influence of madrasa principal leadership on teacher professionals at MIN 9 Bandar Lampung Academic Year 2020/ 2021. The type of research that researchers use is quantitative research. With data collection techniques that is using a questionnaire (questionnaire) and documentation. The population used by the researcher is 29 teachers, using a population sample that is by using all the population in MIN 9 Bandar Lampung. The validity test uses the product moment correlation technique of the person. While the reliability test used the cronbach alpha technique with the helf of SPSS 20. The analysis prerequisite test consisted of tests for normality, linearity and homogeneity. Furthermore, to find out the results of the data collected, calculations were carried out using a simple linear regression technique. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence of madrasa principal leadership on teacher professionals at MIN 9 Bandar Lampung, thus it can be seen from Fhitung = 10,794 while Ftabel 4,21 with a significance value (sig) of 0,003 < 0,05. As for criteria H0 is rejected if Fhitung > Ftabel with 0,05 (5%) with a value of 10,794 > 4,21. Thus, it can be concluded that the leadership of the principal of madrasah MIN 9 Bandar Lampung has an effect on teacher professionalism by 28,6% and the remaining 71,4% is caused by other factors/ variables not discussed in this study such as motivation, teacher competence, organizational culture (organizational climate), satisfaction and so on. Keywords: Madrasa Principal Leadership, Teacher Professional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:15
Last Modified: 25 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item View Item