PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMPN 19 BANDARLAMPUNG

AULIA, GITA REZKA (2021) PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMPN 19 BANDARLAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran adalah merupakan pola umum prilaku pembelajaran dalam mencapai untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang di harapkan di dalam kelas. Beberapa guru belum mengembangkan model pembelajaran yang mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kurang nya kerja sama antara siswa dengan siswa lain nya, kurang nya berkonsentrasi hal ini dapat menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan kreatifitas nya baik itu kemampuan individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar PAI Kelas VII DI SMPN 19 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan jenis posttest only control design. Dengan design ini penelitian ini, menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini di laksanakan di SMPN 19 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu yaitu terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas VII A dan untuk kelas kontrol adalah kelas VII B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan uji-t, didapatkan nilai Sig. 000 maka jika nilai Sig. < 0,05 (5%) pada Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model inside outside circle terhadap hasil belajar pai kelas VII di SMPN 19 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:04
Last Modified: 25 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item