PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE SKETCH UP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Prana, Suhanda (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE SKETCH UP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE SKETCH UP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR Masalah yang terjadi dilapangan adalah Guru Matematika VIII SMPN 19 Bandar Lampung tersebut disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mampu untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa, sehingga dibutuhkan suatu inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil pra penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa khususnya siswa kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung masih tergolong dalam kategori rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari media pembelejaran aplikasi Google Sketch Up dan minat belajar terhadap kemampuan koneksi matematis sisiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimental Design dengan menggunakan post-test only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan media konvesional dan VIII G sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan media Google Sketch Up. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara Random Sampling yaitu teknik pengambilan sample yang dilakukan secara acak. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian soal post-test kemapuan koneksi matematis siswa dan angket minat belajar. Uji analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan (ANAVA) dengan taraf signifikani 5% diperoleh hasil dan dan dan sehingga ditolak, atau atau atau sehingga ditolak sehingga diterima. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media pembelajaran Google Sketch Up terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik dan media pembelajaran Google Sketch Up lebih baik dari media pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Semakin tinggi minat belajar peserta didik maka semakin baik kemampuan koneksi matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran Google Sketch Up dan minat belajar terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Google Sketch Up, Minat Belajar dan KemampuanKoneksiMatematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:02
Last Modified: 25 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16110

Actions (login required)

View Item View Item